_
Home / Sports / Internasional / Jerman Resmi Tuan Rumah Euro 2024
foto: reuters

Jerman Resmi Tuan Rumah Euro 2024

NYON, Waspada.co.id – Jerman resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Eropa atau Euro 2024. Jerman berhasil menjadi tuan rumah dengan mengalahkan Turki berdasarkan pengumuman UEFA di Nyon, Kamis (27/9) malam.

Jerman memenangan pemungutan suara di antara komite eksekutif otoritas sepakbola Eropa (UEFA). Mereka berhasil mendapatkan 12 dari 17 suara. Empat suara lainnya diberikan kepada Turki dan satu suara abstain. Keputusan ini diumumkan oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

“Prosedurnya transparan. Pemungutan suara itu demokratis. Setiap keputusan demokratis adalah keputusan yang tepat,” ujar Ceferin.

“Jerman akan menjadi tuan rumah yang fantastis. Kita akan melihat turnamen yang luar biasa. Baik di dalam maupun di luar lapangan,” tambahnya.

Dalam sejarahnya, Jerman telah menjadi tuan rumah Euro 1988 dan Piala Dunia 1974. Keduanya berlangsung ketika Jerman masih bernama Jerman Barat. Terakhir, Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006.

Turki sendiri belum pernah menggelar turnamen sepakbola besar. Mereka pernah gagal pada tahun 2008, 2012, dan 2016. Mantan Kapten Timnas Jerman, Phillip Lahm, mengungkapkan negaranya memiliki stadion yang luar biasa.

“Kami memiliki stadion luar biasa dan penggemar yang menyukai sepakbola,” ujar Lahm.

Nantinya, Jerman berencana untuk menggelar turnamen di 10 kota, yakni Berlin, Munich, Dortmund, Gelsenkirchen, Stuttgart, Hamburg, Duesseldorf, Cologne, Leipzig serta Frankfurt.
(wol/aa/dm/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Rekor 10 Tahun Berakhir, Kane Malah Senang

PRAHA, Waspada.co.id – Timnas Inggris akhirnya merasakan kekalahan lagi di laga kualifikasi setelah 10 tahun. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.