Home / Sports / Internasional / Jadi Juara Inggris, City Kini Terancam Absen Liga Champions
foto: afp

Jadi Juara Inggris, City Kini Terancam Absen Liga Champions

LONDON,Waspada.co.id – Manchester City baru saja menjadi juara Liga Premier di akhir pekan. Kini, City menghadapi ancaman hukuman dari UEFA berupa larangan tampil di Liga Champions karena masalah penyimpangan keuangan.

City boleh saja tengah bersuka cita usai menjuarai Liga Inggris kala memenangi persaingan dengan Liverpool di klasemen akhir. Bagi City, gelar juara musim ini menjadi keempat di era Liga Premier sejak 2011/2012 atau keenam secara keseluruhan. Khusus Josep Guardiola, ini trofi kedua dalam tiga musim.

Meski baru saja mengalami kesuksesan dalam satu dekade, City juga harus menerima kenyataan tengah menghadapi ancaman sanksi berat dari UEFA. Dewan Kontrol Keuangan UEFA tengah menyelidiki penyimpangan keuangan City yang diterbitkan di media Jerman, De Spiegel.

Para pejabat UEFA dikabarkan sudah menggelar pertemuan dua minggu lalu di Swiss guna menyelesaikan temuan mereka. Hasil laporan itu akan segera diajukan dalam minggu ini. Dewan kontrol yang dipimpin mantan Perdana Menteri Belgia, Yves Leterme, itu bahkan telah menyiapkan larangan tampil selama satu musim untuk The Citizens andai terbukti bersalah.

Pada 2015, City diketahui melakukan kesepakatan dengan maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab, Etihad. Dalam pengakuan manajemen klub, mereka menerima 67,5 juta pounds atau sekira Rp1,2 triliun dari Etihad.

Ternyata dalam investigasi yang dilakukan UEFA, City diduga hanya menerima 8 juta pounds. Kemudian, sisanya dibayarkan pemilik Man City Sheikh Mansour melalui konsorsiumnya, Abu Dhabi United Group. Hal itu dilakukan manajemen City agar dinilai UEFA mendapatkan uang banyak dan terhindar dari aturan Financial Fair Play (FFP). (wol/aa/uefa/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Musim Berakhir, Pogba Awali Libur Pergi Umrah

MEKKAH, Waspada.co.id – Sebelum menentukan pilihan karier dan menghabiskan waktu libur kompetisi, Paul Pogba mengawalinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: