_
Home / Sports / Internasional / Gerakan Anti-Rasisme Ultimatum UEFA Ambil Sikap
foto: reuters

Gerakan Anti-Rasisme Ultimatum UEFA Ambil Sikap

SOFIA, Waspada.co.id – Timnas Inggris mengalahkan Bulgaria 6-0 dalam lanjutan Grup A kualifikasi Euro 2020 di Vasil Levski Stadium, Selasa (15/10). Akan tetapi, laga yang berjalan seru itu dinodai aksi rasisme dari fans tuan rumah terhadap pemain Inggris.

Gerakan kampanye anti-rasisme, Kick It Out, menilai perilaku demikian dalam sepakbola tidak dapat dimaafkan. Kick It Out pun mengecam UEFA atas seringnya kasus pelecehan rasial terjadi dalam pertandingan. Selain itu, Kick It Out mempertanyakan keseriusan UEFA menangani kasus tersebut.

Akibat aksi rasisme fans Bulgaria, Timnas Inggris bahkan harus beberapa kali keluar lapangan karena wasit menghentikan laga akibat pelecehan rasial. Sepanjang laga, suporter Bulgaria menyanyikan yel-yel berbau rasisme dan salam Nazi.

“Kami muak dengan pelecehan rasial menjijikkan yang diarahkan pada Timnas Inggris oleh fans Bulgaria, termasuk rekaman televisi yang menunjukkan penghormatan Nazi dan suara monyet. Kami memuji Gareth Southgate, staf, dan pemainnya melaporkan penyalahgunaan yang menjijikkan serta menawarkan dukungan penuh kepada seluruh pasukan, keluarga mereka, dan siapapun yang terpengaruh oleh adegan mengerikan itu,” ungkap juru bicara Kick It Out, Selasa (15/10).

“Kami mendukung protokol awalnya ditegakkan oleh pejabat pertandingan, tetapi mengapa pemain tidak dikirim ke ruang ganti sesuai langkah kedua, seperti dinyatakan dalam aturan. Cuplikan televisi jelas menunjukkan pelecehan rasial berlanjut di babak kedua, sehingga tidak dapat diterima bahwa langkah ketiga tidak ditegakkan. Pertandingan ini seharusnya dihentikan,” sambung juru bicara tersebut.

“Sekarang saatnya UEFA meningkatkan dan menunjukkan kepemimpinan. Jika UEFA sama sekali peduli tentang penanganan diskriminasi dan kampanye Equal Game tidak berarti apa-apa, maka pengurangan poin dan pengusiran partai kandang harus diikuti,” pungkasnya.

Di pertandingan tersebut, Three Lions mencetak enam gol tanpa balas. Ross Barkley dan Raheem Sterling masing-masing mencetak dua gol, sedangkan Marcus Rashford dan Harry Kane melengkapi kemenangan telak Tiga Singa. (wol/aa/sport/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

McMenemy Tolak Dampingi Timnas di Malaysia

JAKARTA, Waspada.co.id – Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak akan didampingi pelatih Simon McMenemy pada lanjutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.