_
Home / Fokus Redaksi / Finalis Pemain Terbaik UEFA: CR7, Messi, dan Van Dijk
foto: uefa

Finalis Pemain Terbaik UEFA: CR7, Messi, dan Van Dijk

ZURICH, Waspada.co.id – Kandidat pemain terbaik UEFA atau UEFA Player of the Year resmi dirilis Kamis (15/8) malam. Ketiga calon pemain terbaik di Eropa adalah Virgil van Dijk (Liverpool), Lionel Messi (Barcelona), dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

Pengumuman pemenang akan dilakukan saat pengundian fase grup Liga Champions, 29 Agustus mendatang. Van Dijk masuk daftar tiga besar berkat penampilan apiknya bersama Liverpool kala berperan besar membawa The Reds menjuarai Liga Champions musim lalu.

Bek Timnas Belanda itu juga mengantar Liverpool meraih gelar Piala Super Eropa. Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun juga mengantar Belanda ke final UEFA Nations League sebelum dikalahkan Portugal yang diperkuat Ronaldo. Selain itu, Van Dijk punya andil menjadikan The Reds finish runner-up Liga Premier.

Messi mengakhiri musim sebagai top skor Liga Champions dan meraih Sepatu Emas. Bintang Timnas Argentina ini juga mengantarkan Barcelona merebut gelar juara La Liga dari Real Madrid. Sayang, La Pulga kurang bersinar bersama negaranya.

Sementara itu, Ronaldo berhasil mengantarkan Juventus meraih gelar scudetto sekaligus memimpin Portugal mengangkat trofi UEFA Nations League dengan mengalahkan Belanda. CR7 kembali bersaing dengan Messi dan Sadio Mane (Liverpool) sebagai striker terbaik.

Van Dijk sendiri berada dengan Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Matthijs de Ligt (Ajax/Juventus) sebagai calon bek terbaik di Eropa. Di posisi kiper, ada Alisson Becker (Liverpool), Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), dan Marc-Andre ter Stegen (Barcelona).

Untuk posisi gelandang, tiga kandidat terbaik adalah Frenkie de Jong (Ajax/Barcelona), Christian Eriksen (Tottenham Hotspur), dan Jordan Henderson (Liverpool). Dengan demikian, The Reds tampil dominan dengan diwakili lima pemain.

Selain itu, UEFA juga merilis penghargaan untuk pemain wanita. Tiga kandidat peraih UEFA Women’s Player of the Year memperkuat Olympique Lyon, yakni Lucy Bronze, Ada Hegerberg, dan Amandine Henry. (wol/aa/uefa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Wonderkid Barca di Ambang Rekor Baru

DORTMUND, Waspada.co.id – Pemain muda Barcelona, Ansu Fati, berada di ambang rekor baru lagi dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.