Home / Sports / Internasional / Final PD 2018: Pengalaman Prancis vs Determinasi Kroasia
foto: skynet

Final PD 2018: Pengalaman Prancis vs Determinasi Kroasia

MOSKOW, Waspada.co.id – Prancis dan Kroasia akan berebut status juara Piala Dunia 2018 pada final yang digelar di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) malam. Kedua tim pun sama-sama optimis bisa mengangkat trofi.

Prancis menatap final dengan percaya diri dan lebih diunggulkan. Dalam dua tahun terakhir, Le Bleus sudah merasakan dua kesempatan final. Pada Euro 2016, tim asuhan Didier Deschamps kalah dari Portugal. Kini, final kedua Paul Pogba cs ingin diakhiri dengan kemenangan.

Kendati banyak kalangan menilai Prancis sulit mengatasi tekanan, Deschamps menilai banyak pelajaran berharga yang dipetiknya dari Euro lalu. Sang pelatih berkilah skuad Ayam Jantan di Rusia banyak perubahan dari dua tahun lalu. Total hanya 14 dari 23 nama merupakan pemain baru.

Deschamps berpendapat kesembilan pemain yang tampil di Euro lalu tahu benar pengalaman mereka akan membantu di final kontra Kroasia. Keyakinan Les Bleus diperkuat dengan performa apik Hugo Lloris di bawah mistar gawang, solidnya pertahanan Raphael Varane cs, mobilnya Paul Pogba cs di tengah serta kelincahan Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

Tak lupa, Deschamps juga memuji kemampuan tim asuhan Zlatko Dalic itu. Menurutnya, pasukan Vatreni lebih unggul di segi determinasi dan daya juang. Belum lagi kepemimpinan dan mobilitas Luka Modric sebagai jenderal lapangan tak tertandingi.

Di usia 32 tahun, Modric masih bisa berlari ke sana ke mari layaknya remaja 18 tahun. Gelandang Real Madrid tersebut terus mengejar bola tiada henti, mengontrol tempo permainan tim serta menjadi motivator. Enam pertandingan sudah dilakoninya seperti itu dan Kroasia tidak pernah menjadi pecundang.

Kematangan mental Modric juga terlihat kala gagal penalti melawan Denmark. Sebenarnya sang kapten berpeluang mencetak gol lebih awal di babak tambahan waktu, namun tendangannya ditepis Kasper Schmeichel. Kesalahannya ditebus dengan menyumbang gol saat beradu tendangan 12 pas.

Siapa yang akan jadi juara? Prancis untuk kedua kali atau Kroasia sebagai juara baru? Siapa yang akan mengangkat trofi? Hugo Lloris atau Luka Modric? Kita tunggu saja… (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sesuai Prediksi, Modric Jadi Pemain Terbaik FIFA

LONDON, Waspada.co.id – FIFA telah memilih pemain terbaik dunia 2018. Pada malam penghargaan FIFA Best ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: