Home / Sports / Internasional / Fakta Menarik Kekalahan Der Panzer
foto: zimbio

Fakta Menarik Kekalahan Der Panzer

MOSKOW,Waspada.co.id – Dunia baru saja dikejutkan dengan kekalahan Jerman dari Mexico pada laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (17/6) kemarin.

Kekalahan ini semakin memperjelas dahsyatnya kutukan status juara bertahan. Padahal pelatih Joachim Loew tidak banyak merombak skuad dari materi pemain empat tahun lalu kala tampil dominan di Piala Dunia 2014 silam.

Loew hanya mencoret Mario Gotze dan Leroy Sane serta memasukkan Marco Reus dan Ilkay Gundogan plus sejumlah pemain muda. Bila tidak hati-hati, Mesut Ozil cs bisa bernasib sama seperti Italia pada Piala Dunia 2010.

Menjadi juara dunia pada edisi 2006, Gli Azzurri tampil buruk di fase grup karena hanya meraih dua poin hasil dua kali imbang dan sekali kalah. Alhasil, Italia menempati juru kunci grup dan gagal lolos. Begitupula Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 tidak berkutik empat tahun berikutnya.

Terlepas itu, sejumlah fakta menarik tercatat dari kemenangan El Tri. Mexico meraih kemenangan pertama atas Jerman di Piala Dunia dan untuk keenam kali menang di laga pertama Piala Dunia.

Sejak 1982, Jerman kalah di laga pembuka untuk pertama kali. Kala itu, Der Panzer kalah 1-2 dari Aljazair. Meski begitu, empat kekalahan di laga pertama Piala Dunia tidak menghapus fakta bahwa merka tetap mampu lolos ke babak selanjutnya.

Mexico selalu mencetak gol melawan tim Eropa dalam 13 laga terakhir di Piala Dunia sejak kalah 0-1 dari Norwegia di 1994. Negeri Sombrero hanya kalah tiga kali dalam 13 pertandingan terakhir melawan tim Eropa di Piala Dunia.

Selain itu, Rafael Marquez menjadi pemain ketiga dalam sejarah yang tampil di lima edisi Piala Dunia sekaligus menyamai rekor Antonio Carbajal (Mexico) dan Lothar Matthaus (Jerman). Di usia 39 tahun 124 hari, Marquez menjadi pemain tertua Mexico di Piala Dunia atau keempat setelah Roger Milla (42 tahun 39 hari), Angel Labruna (39 tahun 260 hari), dan Stanley Matthews (39 tahun 145 hari). (wol/aa/fifa/data1)
editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ada Peran Bob Hasan di Balik Sukses Zohri

JAKARTA, Waspada.co.id – Lalu Muhammad Zohri, remaja berusia 18 tahun asal Lombok, berhasil menoreh tinta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: