Breaking News
Home / Sports / Internasional / Edward Toreh Prestasi di Kejuaraan Dunia Hapkido
WOL Photo/Ist

Edward Toreh Prestasi di Kejuaraan Dunia Hapkido

MEDAN, Waspada.co.id – Leader Hapkido Sumut, Sabeum Weng Lie, Sabeum Johan Tjongiran SH, dan Sabeum Edy mengaku bangga dengan prestasi Sabeum Edward Pradinata mengharumkan nama bangsa dengan meraih medali perak Kejuaraan Hapkido Dunia 2018 di Seoul, Korea Selatan.

Edward meraih medali perak dalam Kejuaraan Dunia digelar World Hapkido Martial Art Federation (WHMAF) dari nomor Mugisul Ssangjeolgon (double stick). Medali emas nomor ini disabet rekan Edward, Jacky Waturandang dan perunggu menjadi milik atlet Brunei Darussalam.

“Prestasi ini sangat membanggakan dan patut diapresiasi. Ini menjadi bukti atlet kita mampu berbicara di tingkat internasional. Secara keseluruhan, Indonesia yang hanya mengirim 14 atlet mampu meraih 12 medali emas dan 3 perak untuk menduduki posisi kedua dalam raihan medali setelah tuan rumah Korsel,” ujar Sabeum Weng Lie, Minggu (19/8) kemarin.

Dikatakan, prestasi Indonesia di ajang ini juga menjadi bukti olahraga Hapkido sangat potensial di Indonesia. “Sehingga kita harapkan perjuangan insan Hapkido agar cabor ini masuk menjadi anggota KONI dapat segera terwujud. Apalagi saat ini kepengurusan Hapkido sudah ada di 28 provinsi,” tambah Weng Lie.

Edward Pradinata sendiri mengaku senang bisa mempersembahkan medali perak bagi Indonesia dalam Kejuaraan Hapkido Dunia kali pertama yang berlangsung di Gedung Jung Gu Community Center Seoul, Kolsel, 29 Juli 2018.

“Awalnya target saya medali emas. Tapi medali perak pun saya cukup senang. Apalagi medali emas diraih rekan saya sendiri dari Indonesia. Jadi tidak masalah siapa pun yang dapat emas, karena kita berjuang untuk nama Indonesia,” ucap Edward.

Peraih medali emas Kejurnas Hapkido tahun 2016 dan 2017 ini berharap prestasinya bisa menjadi motivasi bagi atlet Hapkido Sumut lainnya. Khususnya yang akan mengikuti Kejurnas 2018 di Jakarta pada 16 September mendatang.

“Ada tiga atlet junior kita akan tampil di Kejunas. Mereka adalah Amrico Yosua MS, Sigit Prabowo, dan Alexandra Dwi Putri. Mudah-mudahan mereka memberikan prestasi membanggakan,” ujar Edward yang juga pelatih senior Hapkido. (wol/wsp/ags/data1)

Editor: Austin Tumengkol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: