Home / Sports / Internasional / Awas Inggris! Wasit Bisa Jadi Penghalang
foto: zimbio

Awas Inggris! Wasit Bisa Jadi Penghalang

MOSKOW, Waspada.co.id – Jelang semifinal Piala Dunia 2018 kontra timnas Kroasia, nasib buruk mengintai Timnas Inggris karena FIFA menunjuk Cuneyt Cakir sebagai wasit pertandingan yang digelar di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7) dini hari.

Pengadil lapangan berusia 41 tahun itu akan ditemani hakim garis asal negaranya, Bahatin Duran dan Tarik Ongun. Sementara itu, Bjorn Kuipers (Belanda) menjadi ofisial keempat bersama wasit cadangan S Van Roekel juga dari Belanda.

Menilik sepak terjangnya sebagai wasit, Cakir memiliki sederet pengalaman yang menjanjikan. Tercatat, Cakir pernah memimpin duel semifinal Piala Dunia 2014 antara Belanda versus Argentina dan Juventus kontra Barcelona di final Liga Champions 2015. Di Rusia, Cakir menjadi wasit Maroko versus Iran dan Argentina melawan Nigeria.

Meski terkenal tegas, Inggris patut waspada terhadap kemungkinan buruk yang terjadi. Pasalnya, Cakir terkesan agak ‘sensi’ dengan klub Liga Premier. Pada leg kedua 16 Besar Liga Champions 2012-2013, Cakir menimbulkan kontroversi kala memberi kartu merah kepada winger Manchester United, Luis Nani.

Nani dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi kepada bek Real Madrid, Alvaro Arbeloa. Alhasil, Setan Merah kalah 2-3 dan tersingkir. Sebelumnya, giliran John Terry diusir pada leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea melawan Barcelona. Beruntung, The Blues lolos dan menjadi juara.

Dengan alasan itu, segenap pemain Three Lions diinstruksikan oleh pelatih Gareth Southgate agar hati-hati beradu fisik dengan Luka Modric cs di hadapan Cakir. Publik Inggris berharap perjalanan gemilang Harry Kane cs tidak terhenti di semifinal.

Pada semifinal lain antara Prancis dan Belgia, FIFA menunjuk Andres Cunha asal Uruguay sebagai pengadil. Pertandingan akan dilangsungkan di St Petersburg Stadium pada Rabu (11/7) dini hari nanti. (wol/aa/fifa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Inilah Nomine Pemain Terbaik Dunia

ZURICH, Waspada.co.id – Setelah pelatih terbaik, FIFA juga mengumumkan para calon peraih gelar pemain terbaik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: