_
Home / Sports / PSMS / Butler: Pemain Sudah Berusaha
WOL Photo/Ega Ibra

Butler: Pemain Sudah Berusaha

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan lagi-lagi harus mengarungi Liga 2 musim depan menyusul kekalahan dari PSM Makassar 1-5 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (9/12). Selain PSMS, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar juga degradasi dari Liga 1 Indonesia.

Pelatih PSMS, Peter Butler, mengatakan pemain sudah bekerja keras. Namun dengan kesedihan dan kekecewaan besar, tim harus mengakhiri musim dengan degradasi hasil menempati posisi juru kunci. Musim depan, tempat Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan PSMS akan digantikan oleh PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra.

“Ada beberapa faktor yang saya ingin soroti sebagai alasan kematian dan degradasi PSMS karena beberapa orang menghindari tanggung jawab atas peristiwa tragis ini. Manajemen dan pelatih sebelumnya harus menerima tanggung jawab,” katanya.

Butler juga merasa perekrutan pemain dan personil sangat buruk, pemain asing didatangkan lebih dari satu miliar per pemain di putaran pertama, padahal kualitasnya tidak mumpuni dan pemain lokal mayoritas terlalu tua atau tidak berpengalaman.

“Banyak anak muda berbakat dalam skuad, tetapi melemparkan mereka ke dalam perjuangan degradasi secara fundamental tentu salah. Saya merasa pelatih sebelumnya (Djadjang Nurjaman) harus bertanggung jawab atas perekrutan pemain yang kurang berkualitas. Skuad tidak seimbang dan tidak ada striker lokal yang berpengalaman. Ketika ingin mengubah, tidak ada uang atau kualitas yang tersedia,” keluh Butler.

Mantan pemain PSMS era 1980-an, Sunardi A, turut menyesali PSMS harus degradasi ke Liga 2. Tentunya ini prestasi buruk yang harus segera dibenahi dan dievaluasi. Sunardi juga meminta semua pihak tidak saling menyalahkan, tapi justru introspeksi diri masing-masing.

“Karena memang turunnya PSMS ke liga 2, di pengaruhi beberapa faktor, seperti kualitas materi pemain yang tidak memadai. Tentunya kan terasa sia-sia perjuangan musim lalu jadinya. Apalagi seperti kami ini, mantan-mantan pemain miris melihat PSMS degradasi,” ujarnya.

“Ke depan kalau boleh saran, saya berharap pemain dan pelatih lokal jadi prioritas. Karena bagaimanapun juga, hanya pelatih lokal yang tahu dan memahami gaya permainan PSMS,” tuntas Sunardi. (wol/at/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Top Skor PSMS Dapat Godaan Klub Liga 1

MEDAN, Waspada.co.id – Saat ini, segenap pemain dan ofisial PSMS Medan tengah diliburkan hingga batas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.