Home / Ragam / Yuk, Intip Kehidupan Desa Kuno Huta Siallagan di Pulau Samosir
Desa Kuno Huta Siallagan, Pulau Samosir, Sumatera Utara (foto: Indonesiatravel)

Yuk, Intip Kehidupan Desa Kuno Huta Siallagan di Pulau Samosir

agregasi
agregasi

 

DI Danau Toba tak hanya bisa menikmati sajian alam saja, tetapi juga dapat belajar banyak dari Suku Batak yang ada di sana.

Suku Batak banyak bermukim di desa Ambarita di komplek Simanindo, di Pulau Samosir. Ialah Huta Siallagan yang menjadi desa kuno dengan memiliki budaya unik dan kuat di suku Batak.

Di dalam bahasa lokal, Huta berarti sebuah desa, sehingga Huta Sillagan merupakan desa dari Sillagan. Suku ini merupakan keturunan dari Raja Siallagan yang batu nisannya ditemukan di sekitar area.

Huta Siallagan menduduki sekira 2.400 meter kubik dan dikelilingi 1,5 hingga 2 meter dinding batu. Dinding ini dibuat dari bebatuan yang kemudian distrukturi dengan bambu untuk melindungi pedesaan dari binatang buas dan serangan dari suku lainnya.

Memasuki Huta Siallagan, kamu akan menemukan rumah tradisional yang bisa disebut dengan Bolo dan Sopo yang menjadi ciri khas Sumatera Utara.

Sebagaimana dikutip dari Indonesia Travel Selasa (15/11/2016), yang membuat Huta Siallagan spesial ialah kehadiran batu besar yang kemudian dibentuk menjadi kursi dan meja.

Furnitur ini dinamai dengan Batu Parsidangan yang menjadi tempat pertemuan suku. Batu ini berlokasi di bawah pohon Hariara yang dipercaya sudah ada sejak 200 tahun lalu.

Batu persidangan ini memiliki dua fungsi, yang pertama digunakan sebagai tempat bertemu, di sisi lain ini juga digunakan sebagai tempat eksekusi.

Batu yang pertama di sana digunakan untuk mengatur tempat duduk Raja, Ratu dan para petinggi desa dulunya, serta para tamu. Sedangkan meja batu panjang digunakan sebagai ekskusi.

Check Also

Wagub Harapkan Perbankan Syariah Berkembang di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengharapkan perbankan syariah semakin berkembang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: