Home / Ragam / Kesehatan / Waspadai 8 Sinyal Tubuh Dalam Keadaan Tak Sehat
Ilustrasi (ist)

Waspadai 8 Sinyal Tubuh Dalam Keadaan Tak Sehat

Waspada.co.id – Kesehatan adalah sesuatu hal yang mahal dan tak bisa dibayar dengan uang. Untuk itu, sangat penting menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat.

Namun, tanpa disadari, terkadang kondisi tubuh mulai menurun. Hal ini sering tak disadari. Tapi sesungguhnya, saat kondisi kesehatan tubuh mulai drop, ada sinyal yang ditunjukkan tubuh untuk Anda. Berikut, delapan sinyal tubuh dalam kondisi tak sehat dilansir laman Times of India.

Alis Tipis
Jika Anda menyadari bahwa alis Anda semakin tipis, segeralah berkonsultasi dengan ahli. Ini mungkin merupakan indikasi gangguan tiroid dan harus ditangani segera. Namun, perlu dicatat bahwa seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mengalami masalah kerontokan rambut, termasuk menipisnya alis. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter segera.

Kulit Gatal
Kulit gatal mungkin merupakan tanda diabetes. Namun, sebelum Anda menyimpulkan bahwa itu diabetes, Anda harus periksakan diri ke dokter karena mungkin gatal tersebut akibat gigitan serangga atau reaksi alergi lainnya. Jika masalah terus berlanjut dan tidak tertahankan, temui dokter.

Perubahan Berat Badan
Kehilangan atau kenaikan berat secara tiba-tiba seharusnya tidak diabaikan. Menurut ahli kesehatan, fluktuasi berat badan yang berlebihan dapat menjadi indikasi masalah kesehatan mental. Kunjungi dokter dan ketahui alasan sebenarnya untuk kenaikan atau penurunan berat badan yang Anda alami.

Kaki Pink
Mengalami kaki berwarna merah muda, ketika kulit terlihat tipis dan berkerut, mungkin juga merupakan indikasi lain dari penyakit yang mendasarinya. Ini adalah tanda masalah metabolisme, bahkan bisa jadi ini tanda seseorang menderita diabetes. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kadar gula darah Anda.

Pembengkakan di Jari Kaki
Jari-jari kaki bengkak bisa menjadi tanda psoriasis arthritis. Jika Anda memperhatikan bahwa kaki Anda bengkak dan tidak ada gatal atau iritasi, maka Anda harus konsultasi dengan dokter.

Kehilangan Selera Makan
Mengalami kehilangan nafsu makan secara mendadak, dapat mengindikasikan gangguan metabolik. Jika disertai dengan refluks asam, maka Anda mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux.

Perubahan Suasana Hati yang Parah
Menjadi ekstra emosional, marah atau bahagia bisa menjadi tanda kondisi mental yang mendasarinya. Menurut para ahli, jika emosi Anda berfluktuasi antara bahagia dan sedih tanpa alasan, maka itu bisa menjadi indikator depresi. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Kleptomania
Kleptomania adalah gangguan kontrol impuls yang dicirikan oleh dorongan berulang untuk mencuri, tanpa keuntungan atau kebutuhan. Jika Anda juga merasakan dorongan untuk mencuri, itu bisa menjadi indikasi demensia. Anda harus berkonsultasi dengan ahli karena dapat menyebabkan masalah kesehatan dan mental yang serius. (viva/ags/data2)

Check Also

Makan Kue Cokelat Hitam Bisa Turunkan Berat Badan?

  JAKARTA – Banyak orang menolak mengkonsumsi kue cokelat karena takut gemuk. Padahal, kelezatannya begitu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: