Home / Ragam / Kesehatan / Waspada! Ada Bahaya Kanker Akibat Obesitas
foto: BBC News

Waspada! Ada Bahaya Kanker Akibat Obesitas

Waspada.co.id – Penemuan terbaru yang dilakukan Trinity College Dublin di Irlandia, berhasil menjelaskan alasan obesitas bisa menyebabkan kanker.

Pasalnya, tipe sel khusus yang digunakan tubuh untuk melawan kanker, pada pengidap obesitas, akan tersumbat oleh lemak dan imbasnya, tidak berfungsi, sehingga sel kanker bisa berkembang bebas.

Di Inggris, obesitas adalah penyebab kanker yang paling bisa dicegah, selain kebiasaan merokok, sebut Cancer Research UK.

Sementara itu, lebih dari satu dari 20 kasus kanker di Inggris, dipicu berat tubuh yang berlebihan. Setiap tahunnya, Inggris mencatat 22.800 kasus kanker.

Adapun, data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2013, tercatat prevalensi penyakit kanker mencapai 0,14 persen, atau 347.792 orang dari total populasi penduduk.

Para peneliti sebelumnya telah memperkirakan bahwa lemak mengirimkan sinyal pada tubuh yang bisa membahayakan sel sehat, termasuk memicu sel kanker dan membuatnya lebih cepat membelah diri.

Lewat studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Nature Immunology ini, peneliti dari Trinity bisa menunjukkan bagaimana sel yang berfungsi melawan kanker, tersumbat oleh lemak.

Mereka juga berharap, penemuan ini bisa mengarahkan pada penemuan obat-obatan dan perawatan lebih lanjut yang bisa mengembalikan fungsi “sel pembunuh alami” dalam tubuh. (okz/data1)

Check Also

Penyakit Liver, Ginjal, dan Saluran Cerna Teratasi Dengan Biji Pepaya

Waspada.co.id – Pepaya sangat populer di Asia, khususnya Indonesia. Manfaat kesehatan tak hanya diperoleh dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: