Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / Warna Kuning Telur Ternyata Bisa Cerminkan Kandungan Nutrisinya
kuning-telur

Warna Kuning Telur Ternyata Bisa Cerminkan Kandungan Nutrisinya

agregasi
agregasi

 

SADAR atau tidak, telur memang telah menjadi salah satu bahan makanan yang kerap dikonsumsi dalam keseharian. Baik itu diolah sebagai telur mata sapi atau omelet untuk menu sarapan, direbus, ataupun dijadikan sebagai menu pendamping untuk sajian makan malam.

Sebagai salah satu sumber protein yang murah dan mudah didapatkan, telur memang bisa dijadikan andalan. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang sedikit merasa khawatir untuk mengonsumsi telur, karena adanya kuning telur yang dianggap dapat membuat gemuk. Padahal sejatinya, kuning telur disebutkan hadir dengan kandungan vitamin D yang penting untuk tulang dan gigi, dan nutrisi esensial lainnya yang dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah, melindungi dari penyakit jantuung, hingga menunjang fungsi dari saraf dan otak.

Bicara soal konsumsi telur, saat mengonsumsi telur sehari-hari pernahkah Anda memperhatikan warna dari kuning telur yang dimakan? Nah, tahukah, sebagaimana dilapor Ndtv, Rabu (22/11/2017) disebutkan ternyata warna dari kuning telur atau yolk tersebut juga bisa mengungkapkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam telur itu sendiri.

Yup, Anda tidak salah baca kok! Disebutkan lebih lanjut, perbedaan warna yang ada pada kuning telur pada dasarnya terjadi tergantung dari jenis makanan yang diberikan kepada hewan ayam tersebut. Warna kuning yang ada tergantung pada pigmen kuning alami yang dikenal sebagai “Xanthophylis”, yang diproduksi oleh ayam petelur dan tersimpan dalam kuning telur.

Menurut Khyati Rupani, selaku ahli gizi dan pendiri Balancenutrition.in menyebutkan, bahwa kuning telur berwarna agak gelap dengan kuning telur yang berwarna terang cerah memiliki kandungannya tersendiri.

“Kuning telur yang berwarna agak gelap, menunjukkan adanya indikasi diet bergizi nan seimbang yang diberikan kepada ayam. Kuning telur warna kuning agak gelap ini kaya akan kandungan xanthophyll, asam lemak omega 3, dan daging. Sementara itu, kuning telur yang  punya warna kuning oranye punya lebih banyak kandungan vitamin A dan betakaroten, layaknya seperti kandungan di wortel maka dari itu warnanya pun serupa dengan warna wortel,” jelas  Khyati Rupani.

Diketahui lebih lanjut, warna dari kuning telur juga dapat berubah-ubah, tergantung dari kandungan vitamin dan kualitas makanan atau pakan ternak yang diberikan kepada hewan ayam betina tersebut. Pada dasarnya, warna dari bagian kuning telur tidak bisa menjadi faktor mutlak indikasi dari kesegaran sebuah telur, sebab memang warna kuning telur benar-benar bergantung pada pola diet yang diterapkan kepada hewan ayam. Ayam betina yang sehat akan memproduksi telur yang memiliki warna kuning telur yang berwarna lebih cerah.

Check Also

WOL Photo

DMDI Anugrahi Eldin Kepemimpinan Adat dan Budaya

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerima Piagam Penghargaan Anugerah Kepemimpinan Adat dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.