Home / Ragam / Kesehatan / Wanita Rentan Gangguan Autoimun
Istimewa

Wanita Rentan Gangguan Autoimun

WOL – Pernah dengar tentang gangguan autoimun? Dibanding pria, wanita lebih rentan terhadap gangguan autoimun, dan penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama dari kematian dini yang terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 65 tahun.

Ada berbagai jenis gangguan autoimun yang terjadi pada tubuh, seperti psoriasis, rheumatoid arthritis, lupus, diabetes tipe I, multiple sclerosis, tiroid dan masih banyak lagi. Semua gangguan itu memiliki gejala yang berbeda dalam tubuh – dengan tingkat bervariasi mulai dari ringan sampai akut.

Mari kita cari tahu apa itu gangguan autoimun?

Semua jenis gangguan autoimun memiliki efek pada organ yang berbeda. Namun, pada dasarnya mereka semua sama. Gangguan autoimun adalah respon imun yang disebabkan oleh peradangan sistemik yang menunjukkan tubuh Anda menyerang dirinya sendiri.

Segera setelah sistem kekebalan tubuh Anda menilai ada sesuatu yang berbahaya masuk ke tubuh, mereka mulai memproduksi antibodi untuk menangkal penyusup itu. Setiap kali tubuh Anda berhenti untuk melindungi diri terhadap sesuatu yang tidak aman seperti toksin, alergen atau jenis makanan tertentu, maka kondisi itu disebut gangguan autoimun.

Dalam kasus ini, sistem kekebalan tubuh Anda gagal untuk membedakan antara bagian tubuh Anda sendiri dan penyusup yang berbahaya. Dan akibatnya, kondisi itu menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh Anda.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah peradangan kronis akibat alergi makanan tertentu seperti intoleransi gluten, mikotoksin dari cetakan, racun dari merkuri, infeksi candida dan virus seperti herpes simplex dan Epstein Barr.

Penyebab utama penyakit ini adalah peradangan kronis akibat alergi tertentu makanan seperti intoleransi gluten, mikotoksin dari cetakan, racun dari merkuri, infeksi candida dan virus seperti herpes simplex dan Epstein Barr.

Berikut ini adalah beberapa tanda dari penyakit autoimun:

– Jika Anda menemukan kesulitan untuk berkonsentrasi
– Insomnia
– Penurunan berat badan
– Kelelahan
– Sakit perut
– Maag
– Rambut rontok
– Diare
– Alergi dingin
– Bercak putih pada kulit
– Alergi panas
– Mati rasa di kaki atau tangan, nyeri otot atau nyeri sendi
– Sensitivitas terhadap matahari, mulut kering, ruam pada kulit
– Sering, beberapa kali keguguran

Setelah Anda yakin bahwa Anda mengalami gangguan autoimun, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab utama dari gangguan Anda dan kemudian mengobati penyakit Anda. (mdk/data2)

Check Also

Konsumsi Kedelai Mampu Sembuhkan Penyakit Kanker Payudara

  KANKER payudara adalah salah satu penyakit mematikan selain serangan jantung. Tak hanya mengintai kaum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: