Breaking News
Home / Ragam / Tujuh Langkah Panduan Membuat E-Paspor
Ilustrasi passport (foto: Ist)
Ilustrasi passport (foto: Ist)

Tujuh Langkah Panduan Membuat E-Paspor

WOL – Secara umum, bentuk paspor elektronik (e-paspor) sebenarnya hampir sama dengan paspor biasa. Perbedaan yang paling jelas hanya pada tanda chip di bagian depan. Chip ini merupakan data biometrik pemilik paspor tersebut agar e-paspor sulit dipalsukan.

Data biometrik merupakan data seperti sidik jari dan bentuk wajah pemegang e-paspor yang bisa dikenali dengan cara pemindaian. Data biometrik dalam e-paspor sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan di berbagai negara. Masa berlaku e-paspor pun sama seperti paspor biasa, yaitu selama 5 tahun.

Dilansir dari laman kompastravel, berikut adalah tips mengurus e-paspor di Kantor Imigrasi.

1. Siapkan persyaratan yang diperlukan
Untuk mengurus e-paspor bawalah persyaratan sebagai berikut: KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran atau ijazah terakhir dan paspor lama. Untuk membuat e-paspor tak perlu menunggu masa berlaku paspor biasa berakhir. Bawalah paspor biasa tersebut untuk diganti dengan e-paspor.

2. Datanglah lebih awal ke Kantor Imigrasi
Sebaiknya anda datang lebih awal ke kantor imigrasi. Dikhawatirkan antrean sudah semakin panjang ditambah lagi dengan pembatasan waktu antrean. Walaupun anda mengurus paspor biasa, e-paspor, paspor secara online juga wajib masuk dalam antrean.

3. Diberi nomor antre
Petugas akan menyambut anda dengan ramah sembari memberikan nomor antre dan formulir dengan menstempel pembuatan paspor secara online, paspor biasa atau e-paspor.

4. Isi formulir
Sambil menunggu panggilan, sebaiknya anda siapkan alat tulis untuk mengisi selembar formulir. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan alat tulis anda terlebih dahulu dan awasi nomor yang dipanggil melalui pengeras suara atau layar monitor.

5. Pemeriksaan kelengkapan dokumen
Setelah nomor anda dipanggil, anda akan diarahkan menuju konter yang sudah ditentukan. Petugas akan mempersilakan duduk dan meminta dokumen yang dibawa.

Setelah dokumen diperiksa, proses selanjutnya adalah pengambilan foto dan sidik jari. Setelah itu, petugas akan memberikan tanda terima permohonan paspor dan biaya pembuatan e-paspor. Proses pembuatan e-paspor sampai selesai membutuhkan waktu 5 hari kerja.

6. Pembayaran
Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, petugas memberikan bukti pembayaran pembuatan e-paspor sesuai dengan ketentuan. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM atau konter bank yang ada di lobi Kantor Imigrasi. Nomor bukti pembayaran ini wajib disimpan dan dibawa saat pengambilan paspor.

7. Pengambilan E-Paspor
Untuk pengambilan hanya perlu waktu antre sekitar 1 jam sampai akhirnya e-paspor ada dalam genggaman anda. (kompas/sari/data2)

Check Also

foto: merahputih

Jati Diri Maudy Ayunda Terlihat di Album Ketiga

  JAKARTA, WOL – Maudy Ayunda resmi merilis album ketiganya yang bertajuk Oxygen pada Kamis ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.