Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / Tokoh Masyarakat Hingga Publik Figur yang Cocok Disebut sebagai Pahlawan Lingkungan Indonesia
Tanam pohon (Foto: Stanfordnews)
Tanam pohon (Foto: Stanfordnews)

Tokoh Masyarakat Hingga Publik Figur yang Cocok Disebut sebagai Pahlawan Lingkungan Indonesia

agregasi
agregasi

 

MENJADI sosok pahlawan tak harus selalu membela negara. Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bukti jasa masyarakat melalui pengabdian, salah satunya terhadap lingkungan hidup.

Mulai dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, hingga deretan selebriti Tanah Air, berikut adalah deretan pahlawan yang berjasa bagi masyarakat melalui pengabdian terhadap lingkungan hidup, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Tri Rismaharini

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini baru-baru ini menerima penghargaan Sustainable City and Human Settlements Award (SCAHSA) untuk kategori Global Green City dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di New York, Amerika Serikat.

Berkat program ‘Surabaya Green and Clean City’ yang diterapkan Risma pada Surabaya, penghargaan bergengsi dari PBB tersebut pun sukses diboyong ke Tanah Air. Risma dianggap telah mengubah wajah Surabaya menjadi kota yang jauh lebih bersih dan hijau.

Selain itu, PBB juga menilai jika kegiatan yang telah dicetus Tri Risma dalam urusan lingkungan sangat baik. Beberapa kegiatan juga dilakukan, mulai dari penataan permukiman kumuh, menghijaukan taman dan menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Slamet Hasan

(Foto: M Rahmat Ulhaz)

Slamet merupakan perwira TNI yang masih aktif di Ternate, Maluku Utara. Ia memanfaatkan waktu luangnya dengan menggalakkan gerakan pantai dan laut bersih.

Sejak 2003, Slamet juga telah merintis upaya konservasi dari penyu. Kegiatan pelestarian Slamet dilakukan di Pantai Tobololo, Ternate. Dia memulai seorang diri dengan membersihkan pantai serta membuat larangan mengotori pantai dan membunuh ikan menggunakan racun.

Meski awalnya warga lokal menganggapnya aneh, kini Slamet justru mendapat dukungan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun Ternate.

Markus Hayon dan Damianus Pelada

(Foto: Ebed de Rosary)

Markus dan Damianus berperan penting menyelamatkan desa di Tanah Tukan, Flores Timur dari kekeringan. Keduanya bekerja keras selama 18 tahun menanami pohon di wilayah tersebut. Hingga detik ini, Markus dan Damianus sudah menanam 6.000 pohon jati dan 3.000 pohon kemiri.

Usaha mereka berawal saat krisis air melanda Tanah Tukan. Saat itu, Damianus punya ide untuk menanam bibit pohon di padang belantara yang di bagian bawahnya merupakan mata air.

Dari hasil kerja kerasnya, Markus sendiri pun terpilih menjadi kepala desa pada 2013. Ke depannya, Markus berencana membangun bak penampung di tiap dusun agar air dapat digunakan untuk menyiram tanaman kebun sayuran di rumah warga.

Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata memang dikenal menjadi salah satu selebriti Indonesia yang sangat peduli terhadap lingkungan. Selain fauna, Nadine pun juga melindungi satwa-satwa langka di beberapa hutan Indonesia, seperti gajah dan orang hutan, yang semakin hari semakin sedikit jumlahnya. Dengan kecintaannya terhadap lingkungannya, perempuan kelahiran 8 Mei 1984 ini pun tak henti-hentinya mengampanyekan kepada masyarakat untuk senantiasa mencintai alam.

Revalina S. Temat

Kesibukannya sebagau seorang selebriti tak pelak membuatnya tetap bisa memerhatikan lingkungan. Siapa sangka, Reva, begitu ia akrab disapa pernah didaulat sebagai Duta Lingkungan Hidup. Program pertamanya pun telah dilakukan, ia rela berpanas-panasan demi menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membagikan bibit tanaman kepada masyarakat di sekitar Bundaran Hotel Indonesia.

Check Also

foto: comicbook

Serunya Superman Jadi Tumpuan Justice League

MEDAN, WOL – Film Justice League tengah ramai diputar di Tanah Air. Film superhero DC ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.