_
Home / Ragam / Kesehatan / Tips Tetap Sehat di Musim Hujan
Ilustrasi

Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Waspada.co.id – Tak terasa musim hujan telah tiba. Biasanya tibanya musim hujan ini bersamaan dengan datangnya penyakit seperti flu, batuk, diare dll. Nah, tentu kamu ngga mau dong aktivitasmu selama musim hujan ini terganggu karena sakit. Yuk, simak tips di bawah ini supaya kamu tetap sehat selama musim hujan:

1. Jangan lupa selalu cuci tangan
“Sebelum kita makan, cuci tangan dahulu. Menjaga kebersihan agar sehat selalu.”

Pasti kamu sudah gak asing lagi dengan lagu di atas. Lagu tentang cuci tangan. Yup, cuci tangan. Penting banget lho cuci tangan itu, apalagi saat kita mau makan. Sebab, tangan yang terlihat bersih belum tentu benar-benar bersih dari kuman. Sebagai salah satu anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda, tangan bisa jadi penghantar virus dan kuman yang paling ampuh lhoo.

Jadi, jangan anggap remeh hal yang satu ini. O ya, cuci tangannya pakai sabun disinfektan juga ya supaya semua virus dan kuman benar-benar rontok dari tangan kita.

2. Jaga pola makan agar gizi terpenuhi
Hawa yang dingin saat musim hujan membuat kita hampir tidak merasakan haus. Sehingga seringkali kita tidak mengonsumsi air putih dengan cukup. Padahal kebutuhan cairan dalam tubuh kita, baik pada musim kemarau atau pun musim hujan itu sama. Jadi, saat musim hujan tiba sebaiknya jangan hanya mengonsumsi air putih pada saat merasa haus saja. Tapi, kita harus lebih rutin memperhatikan apakah cairan yang masuk ke tubuh kita hari ini telah cukup?

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh. Sebaliknya, pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita cukup mengonsumsi air putih minimal 1,5 liter per hari.

4. Perhatikan pola tidur agar tidak kelelahan
Waktu tidur merupakan waktu untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan. Seringkali kita merasakan kantuk yang berlebih saat sedang beraktivitas, terutama saat musim hujan. Jangan selalu turuti rasa kantuk itu. Istirahat dan tidurlah dengan porsi yang cukup. Jangan sampai kita berlebihan dalam tidur, karena kelebihan porsi tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan otot menjadi kaku.

Tapi, jangan pula begadang hingga kekurangan porsi tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kurangnya kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, karena saat tidur tubuh akan menghasilkan protein bernama cytokines yang berguna saat kita mengalami infeksi atau peradangan. Jadi, pastikan porsi tidur kita cukup karena tidur yang cukup dapat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

5. Kenakan pakaian tebal dan hangat agar tahan dari serangan angin kencang tiba-tiba
Udara dingin yang menyelimuti sepanjang musim hujan, bisa menyebabkan kita merasa kedinginan. Jika kita membiarkan tubuh kita kedinginan, maka kita akan mudah terkena penyakit seperti flu. Terlebih lagi bila kita sering beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu saat musim hujan lebih baik kita memakai pakaian yang tebal agar dapat menghalau rasa dingin yang menyerang tubuh. Pakailah pakaian seperti cardigan atau hoodie yang dapat membantu menghangatkan tubuh kita.

Musim hujan memang rawan penyakit. Tapi bila kita berusaha untuk selalu menjaga kesehatan dengan tips-tips tersebut, maka tidak perlu khawatir lagi. (idntimes/dina/data1)

Check Also

Gubsu: Kesehatan Jadi Prioritas Utama Kehidupan

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU), Jalan DR ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: