Home / Ragam / Gaya Hidup / Tips Memilih Stroberi saat Berbelanja di Supermarket
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Tips Memilih Stroberi saat Berbelanja di Supermarket

agregasi

 

RASA stroberi yang manis dan sedikit asam membuat banyak orang menyukainya. Selain lezat, buah ini juga diklaim mengandung banyak nutrisi yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Tapi untuk mendapatkan stroberi yang segar dan lezat, Anda harus tahu dulu teknik memilihnya.

Nah, berikut ini Okezone rangkumkan tips memilih serta menyimpan buah stroberi yang dipaparkan oleh para ahli dari Good Housekeeping Institute. Dilansir dari Daily Mail, Selasa (17/7/2018).

Pilih yang berukuran kecil

Para ahli GHI mengatakan, stroberi berukuran kecil cenderung mengandung lebih banyak nutrisi dan kaya rasa. Sementara buah yang lebih besar, lebih terasa hambar karena kandungan airnya yang tinggi.

Belilah produk lokal

Selain tekstur, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah asal buah itu sendiri. Buah lokal dipercaya lebih segar dan berkualitas. Stroberi segar tentu memiliki rasa yang lebih enak daripada buah yang didistribusikan ratusan mil sebelum dijajakan di rak-rak supermarket.

Perhatikan warna

Warna merah stroberi menandakan tingkat kematangannya. Para ahli GHI mengatakan, stroberi tidak akan mengalami proses pematangan setelah dipetik. Jadi sebaiknya Anda menghindari buah beri yang memiliki bercak putih di sekitar batangnya. Sebagai gantinya, pilihlah stroberi yang memiliki warna merah pekat dan daun berwarna hijau yang tampak segar. Selain itu, pilihlah stroberi yang memiliki tekstur keras (tidak lembek), dan tidak memiliki memar atau bercak-bercak berwarna hitam.

Lalu, bagaimana cara terbaik menyimpan stroberi agar tetap segar dalam jangka waktu yang lama?

Good Housekeeping Institute mengungkapkan beberapa hal penting yang harus Anda ketahui.

1. Stroberi memiliki varian yang berbeda-beda. Namun pada umumnya dapat bertahan selama dua atau tiga hari.

2. Untuk menjaga kualitasnya, Anda bisa meletakkan stroberi di atas sebuah piring dan tutup dengan paper towel. Simpan di dalam kulkas. Cucilah sebelum mengonsumsinya.

3. Stroberi juga dapat dibekukan, tetap cara ini akan merusak teksturnya. Anda bisa menggunakan stroberi beku untuk membuat olahan smoothies yang segar dan menyehatkan.

4. Jika memungkikankan, jemurlah stroberi di bawah sinar matahari selama satu atau dua jam sebelum dimakan untuk mengeluarkan rasa dan aromanya.

Check Also

Resep Bakso Goreng Saus Bolognaise dan Sweet Spicy Korean Chicken Wings untuk Akhir Pekan Spesial

  MOMS, mumpung lagi libur, bikin kudapan spesial yuk untuk keluarga di rumah. Kalau bingung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: