Home / Ragam / Gaya Hidup / TIPS KARIER: Ingin Sukses dalam Pekerjaan? Perluas Jaringan!
Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

TIPS KARIER: Ingin Sukses dalam Pekerjaan? Perluas Jaringan!

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Memiliki karier yang sukses akan menawarkan banyak manfaat dan peluang yang nyata menguntungkan. Pasalnya, kita hidup di dunia yang sedikit banyak diatur oleh status sosial dan uang. Oleh karena itu, jenjang karier yang tinggi, pasti akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Selain itu, masih ada banyak kemungkinan alasan yang menjadikan individu ingin sukses dalam karier.

Ada beberapa kebiasaan dan kegiatan di mana kebanyakan orang-orang yang sukses dari seluruh dunia melakukannya. Cara terbaik untuk mendekati sukses adalah dengan mengikuti dan mencari tahu strategi yang diterapkan oleh seorang profesional. Kemudian Anda dapat mengadopsinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Melansir Careercast, Berikut adalah 7 strategi yang dapat Anda terapkan untuk menggapai sukses:

1. Identifikasi tujuan Anda

Sebelum mempertimbangkan jalan karier, Anda harus mengenal diri sendiri, lalu menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Mayoritas orang menjalani hidup dengan mengikuti pola yang mapan. Bagian yang menyedihkan adalah, mereka bahkan tidak suka apa yang mereka lakukan atau mereka tidak menyadari berapa banyak hal-hal lain yang bisa mereka lakukan.

Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda perlu untuk mengidentifikasi keinginan rasional terbesar yang Anda miliki. Kemudian, mulai pergi lebih dalam dan membuat introspeksi jalan untuk meraih tujuan Anda tersebut.

2. Membangun resume profesional

Resume Anda pada dasarnya adalah cara Anda mengatakan, aku baik dalam hal ini dan itu, saya dapat membantu dengan melakukan ini dan itu. Itulah sebabnya Anda harus membuat resume profesional dan rapi.

Dari sebuah resume orang akan mengenali diri Anda meskipun belum pernah bertemu. Ingatlah, kesempatan ada di mana-mana, dan Anda harus selalu siap dengan kualitas resume.

3. Sadari kekuatan Anda

Kesadaran adalah kunci penting untuk perbaikan pribadi. Dengan menjadi sadar akan kekuatan Anda, keinginan Anda, dan kekurangan Anda, Anda dapat menyesuaikan hidup Anda untuk segala kondisi yang Anda hadapi.

Lebih baik lagi, jika Anda telah mengetahui kekuatan Anda, maka pilihlah profesi jangka panjang yang sesuai dengan apa yang Anda ketahui tentang diri Anda.

4. Bertanggung jawab atas hidup Anda

Salah satu perbedaan antara biasa-biasa saja dan orang sukses adalah tanggung jawab. Meskipun kebanyakan orang sudah mengetahui konsep tangung jawab, namun tidak semua dari mereka mampu melakoni hal tersebut.

Maka mulailah untuk mengambil tanggung jawab atas semua tindakan Anda dan jangan pernah menyalahkan siapa pun untuk kesalahan-kesalahan Anda.

5. Meningkatkan standar 

Berikut adalah faktor penting lain yang membedakan antara orang sukses dengan orang yang tidak sukses. Standar yang Anda terapkan akan mempengaruhi cara Anda berpikir, dan berperilaku. Jika Anda mematok standar yang tinggi, Anda tidak akan puas dengan hasil yang biasa-biasa saja.

Kebanyakan orang dengan standar tinggi juga mendapatkan kesuksesan di atas rata-rata. Namun, hal tersebut juga membutuhkan perjuangan di atas rata-rata.

6. Branding diri

Identitas dan branding diri sangat penting saat ini. Perusahaan-perusahaan besar, bahkan menghabiskan ratusan juta untuk membangun diri mereka di pasar. Pasalnya dengan merek, maka akan mendatangkan banyak kepercayaan kepada Anda.

Karyawan profesional harus memiliki branding yang kuat.  Anda dapat melakukannya dengan memulai sebuah blog, membuat profil media sosial profesional, atau hanya dengan memberikan pelayanan yang mengagumkan.

7. Perbanyak jaringan

Jaringan sebenarnya adalah semua tentang peluang dan koneksi. Ketika Anda bertemu orang baru, Anda pada dasarnya mendapatkan kesempatan untuk menggunakan keterampilan mereka untuk keuntungan Anda. Tentu saja, Anda harus juga memberikan sesuatu sebagai balasan, yaitu pengetahuan Anda. Orang-orang sukses selalu membuat jaringan kerja baru dan menjaga hubungan yang menguntungkan.

Maka, mulailah dengan membuat sosial media profil seperti LinkedIn, Twitter, dan Facebook. Tiga jaringan tersebut adalah pilihan terbaik ketika Anda ingin memperluas jaringan.

Check Also

Bikin Hidup Lebih Lama, Ternyata Makanan Pedas Banyak Manfaat buat Tubuh Kamu!

  ANDA pastinya pernah mengonsumsi makanan pedas yang membuat lidah terasa terbakar. Ya, orang Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: