Home / Ragam / Kesehatan / Tips Hilangkan Pusing Kepala

Tips Hilangkan Pusing Kepala

WOL – Istilah ‘pusing’ memiliki makna yang bervariasi pada masing-masing individu: beberapa orang menggunakannya untuk menggambarkan kepala yang terasa ringan atau hilangnya keseimbangan, sementara yang lain menggunakannya untuk menggambarkan perasaan seolah-olah semua yang berada di sekelilingnya berputar. Karena gejala yang timbul ada kalanya samar-samar dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mencari cara untuk menghentikan atau mencegah rasa pusing bisa menjadi proses uji coba tersendiri. Berikut ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk menghentikan rasa pusing.

1. Duduk atau berbaringlah
Pusing atau kepala yang terasa ringan biasanya melanda ketika Anda berdiri atau bergerak ke sana ke mari. Saat muncul tanda-tanda pusing atau kepala yang mendadak terasa ringan, segera duduk atau berbaring. Tindakan ini biasanya bisa meringankan sensasi berputar dan lebih aman apabila Anda tiba-tiba terjatuh.

2. Fokuslah pada titik tertentu
Untuk mencegah rasa berputar ketika pusing menyerang, beberapa penari mempusatkan mata mereka pada titik tertentu. Teknik yang sama dapat digunakan oleh orang yang diserang rasa pusing.

3. Tarik napas panjang
Pusing adakalanya bisa berupa gejala akibat serangan rasa cemas. Seringkali saat rasa cemas menyerang, Anda seperti tidak bisa bernapas. Tetapi justru yang sebenarnya terjadi adalah Anda bernapas terlalu banyak dan sering. Jika hal ini terjadi, cobalah tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Tindakan ini akan menenangkan Anda serta mengurangi rasa pusing.

4. Hindari cahaya yang terang
Jika Anda diserang rasa pusing, coba hindari cahaya lampu yang terlalu terang, cahaya televisi atau laptop.

5. Banyak beristirahat
Pusing atau kepala terasa ringan adalah gejala yang umum terjadi karena penyakit yang disebabkan oleh virus seperti pilek atau flu. Banyaklah beristirahat ketika Anda menderita penyakit yang disebabkan oleh virus supaya Anda bisa pulih lebih cepat dan meminimalkan rasa pusing di kepala. (wikihow/nia)

Check Also

Mitos atau Fakta, Rajin Kentut Bisa Menurunkan Berat Badan

BUANG gas atau kentut sering membuat orang resah, baik bagi yang melakukan maupun orang sekitarnya. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: