Home / Ragam / Kesehatan / Tidak Rugi Sering Konsumsi Pepaya & Jagung, Ini 8 Manfaat Sehatnya
Pepaya bagus untuk kesehatan Mata. (foto: ist)

Tidak Rugi Sering Konsumsi Pepaya & Jagung, Ini 8 Manfaat Sehatnya

agregasi

 

BERBAGAI penelitian telah mengatakan bahwa buah dan sayur merupakan makanan yang bernutrisi tinggi. Buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning dianggap sebagai makanan super sehat.

Makanan yang berwarna cerah ini mengandung alpa-caroten dan beta-caroten, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, telah menganalisis sampel darah pada 15.000 orang dewasa dan menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi buah berwarna oranye memiliki hidup lebih lama. Karena terhindar dari berbagai penyakit termasuk risiko penyakit jantung dan kanker.

Okezone telah melansir dari Boldsky, Rabu (5/9/2018), buah-buahan dan sayuran berwarna cerah ini mengandung flavonoid, zeaxanthin, potasium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten. Senyawa ini dapat membantu kesehatan kulit dan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayuran berwarna oranye mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi peradangan, melawan kanker, dan penyakit jantung.

1. Membantu kesehatan mata

Para peneliti di Westmead Institute for Medical Research menemukan bahwa jeruk mengandung vitamin C. Makan satu buah per-hari dapat melindungi Anda dari gangguan mata yang disebut degenerasi makula (bintik kuning pada mata). Kehadiran vitamin C berkontribusi pada pembuluh darah yang sehat di mata Anda dan memerangi katarak.

Labu, pepaya, mangga, wortel mengandung vitamin C yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah tersebut juga mengandung beta-karoten yang membantu mencegah infeksi mata dan kondisi kesehatan serius lainnya.

2. Mencegah kanker prostat

Para ilmuan di Universitas New Jersey, Amerika Serikat menemukan bahwa kunyit mengandung antioksidan seperti vitamin C, lutein dan beta-karoten. Ketika kunyit dikombinasikan dengan fitonutrien yaitu sayuran seperti kubis dan brokoli sangat efektif dalam mengobati dan mencegah kanker prostat. Selain kunyit, ada wortel, jeruk, dan menurut Academy of Nutrition and Dietetics, mangga dan aprikot sangat baik untuk meningkatkan kesehatan prostat.

3. Menurunkan tekanan darah

Buah-buahan seperti pisang, aprikot, jeruk, nanas dan mangga kaya akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk yang kaya vitamin C juga dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Jahe mengandung gingerol. Gingerol yang kaya enzim dan minyak alami ini membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Jeruk mengandung zat yang disebut pitosterol. Pitosterol dikenal untuk memblokir kolesterol dan pencegah penyakit jantung.

5. Menjaga osteoartritis

Vitamin C yang mengandung antioksidan diperlukan untuk tulang rawan dan kurangnya antioksidan ini dapat menyebabkan osteoarthritis (pengapuran sendi). Buah-buahan seperti pepaya, nanas, jeruk, jruk bali, cantaloupes, paprika kuning mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah osteoartritis dengan meningkatkan lubrikasi dan mengurangi peradangan pada sendi dan mengurangi nyeri sendi.

6. Mempromosikan pembentukan kolagen

Dengan adanya vitamin C, tubuh memproduksi untuk memberikan kekencangan dan elstisitas pada struktur kulit. membuat kulit lebih lembut dan halus. Buah-buahan yang dapat membantu produksi kolagen adalah jagung, paprika kuning, pisang, mangga, dan lemon.

7. Menghalang radikal bebas

Paprika kuning, aprikot, persik, jeruk bali, jagung, aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang memiliki kemampuan kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meremajakan sel-sel .

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karotenoid seperti beta-karoten penting dalam sistem kekebalan tubuh. Karotenoid hadir dalam buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan oranye. Tanpa sayuran dan buah yang mengandung beta-karoten kekebalan tubuh Anda menjadi lemah, pengelihatan memburuk, dan dapat mengalami penuaan dini.

Nah, berikut daftar buah dan sayur berwarna oranye dan kuning

Buah: jeruk, lemon, jeruk bali, pisang, mangga, nanas, pepaya, belimbing.

Sayuran: wortel, jagung, labu, paprika kuning, rempah-rempah seperti kunyit dan jahe.

Check Also

Bakteri di Botol Minum Lebih Banyak Dari Dudukan Toilet? Simak Penjelasan Berikut

Waspada.co.id – Botol minuman atau yang biasa kita sebut sebagai tumbler merupakan salah satu peralatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: