_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Ternyata Tiram Mentah Masih Hidup Ketika Anda Memakannya, Benarkah?
Tiram dikonsumsi dalam keadaan hidup (Foto: Metro)

Ternyata Tiram Mentah Masih Hidup Ketika Anda Memakannya, Benarkah?

Agregasi

 

OYSTER atau tiram biasanya disajikan secara mentah di atas cangkangnya lalu diberi irisan lemon, cuka, dan bumbu tambahan. Untuk menjaga kesegarannya, tiram kemudian diletakkan di atas hamparan batu es. Namun tahukah Anda, hewan yang masuk dalam kategori aphrodisiac ini ternyata sering disajikan dalam keadaan hidup?

Dilansir dari Metro, Kamis (26/7/2018), tiram yang mati ternyata tidak bisa di makan mentah karena mengandung bakteri yang sang bisa sangat berbahaya bagi manusia. Apabila Anda mengonsumsinya, Anda mungkin akan terserang demam, muntah-muntah, diare, dan gejala lainnya.

Di sisi lain, apakah mengonsumsi tiram mentah (hidup), akan menimbulkan rasa sakit kepada makanan itu sendiri?

Menurut sebuah badan publik non-departemen, Seafish, mengonsumsi tiram mentah sebetulnya masih menjadi isu yang diperdebatkan.

“Sayangnya tidak ada bukti definitive. Ada kelompok yang berpendapat tiram mungkin merasa sakit, sementara yang lain mengatakan mereka tidak memiliki sistem saraf pusat sehingga tidak merasakan sakit sama sekali. Saat ini, kami belum melakukan penelitian lebih lanjut,” ujar juru bicara Seafish.

Ia menambahkan, “Menurut kami mereka sudah dalam kondisi tak bernyawa setelah kedua cangkangnya dibuka sepenuhnya. Jadi saat seseorang mengunyah atau menelan tiram, mereka sudah benar-benar mati.”

Tiram

Penjelasan tersebut menyiratkan bahwa tiram mungkin sudah dalam kondisi mati ketika Anda mengigitnya atau menelannya secara utuh. Dengan kata lain, Anda sebetulnya bisa mengetahui kesegaran tiram dari kondisi cangkangnya. Jika, ingin makan tiram yang segar di rumah, belilah tiram yang memiliki cangkang tertutup rapat. Jika cangkang sedikir terbuka, jentikkan dengan jari Anda. Pastikan cangkangnya tertutup kembali.

Jika tidak, artinya tiram di dalamnya sudah dalam kondisi mati dan hanya boleh dikonsumsi dalam keadaan matang. Bruce Rennie selaku pemiliki The Shore Restaurant mengatakan, “Anda harus memilih tiram ketika cangkangnya tertutup rapat. Namun, pastikan kesegaran mereka setelah Anda membuka cangkang tersebut sepenuhnya”

Bruce menegaskan, tiram sebaiknya di simpan di dalam kulkas lengkap dengan cangkang untuk menjaga kelembapan.

“Mereka masih bisa bertahap hidup selama 5-7 hari di dalam kulkas. Alasan untuk memakan mereka dalam kondisi ‘hidup’ hanya untuk memastikan kesegaran dan rasa. Tiram yang hidup memiliki sensasi rasa ‘besi’ yang unik,”

适适

Selain itu, jika Anda membeli tiram tanpa cangkang kemudian dimasukkan dalam wadah atau toples, bahan makanan ini tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi mentah. Anda harus memasaknya.

Check Also

Laundry Koin Diminati, Ini Alasan Steven Buka Terus Ekspansi

MEDAN, Waspada.co.id – Sepertinya laundry koin menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat yang hendak mencuci ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.