Home / Ragam / Kesehatan / Ternyata Terlalu Sering Olahraga Dapat Berbahaya
Foto: blogspot.com

Ternyata Terlalu Sering Olahraga Dapat Berbahaya

WOL – Ada efek buruk fisiologis dan psikologis yang dapat muncul ketika seseorang terlalu memforsir dirinya berolahraga setiap hari, tanpa ada jeda atau waktu pemulihan. Efek tersebut disebut dengan “Sindrom Overtraining.”

Inilah beberapa kemungkinan yang terjadi pada tubuh saat sindrom overtraining muncul:

1. Kadar glikogen habis.

Saat tubuh terlalu lelah akibat setiap hari berolahraga, kadar glikogen dapat berkurang. Penurunan glikogen dapat berkontribusi terhadap lemahnya otot, yang berarti otot-otot Anda kelelahan lebih cepat. Sehingga olahraga tak akan maksimal.

2. Kortikosteroid meningkat.

Dalam jumlah tinggi, hormon tersebut dapat menekan sistem kekebalan tubuh dengan menghambat reaksi sel-sel tempur untuk melawan penyakit. Jadi, overtraining bisa menyebabkan seseorang lebih mudah sakit.

3. Sering merasa tidak enak badan.

Olahraga setiap hari menyebabkan otot tidak dapat melakukan pemulihan, yang mengakibatkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri.

4. Bosan berolahraga.

Penurunan semangat, motivasi, dan keyakinan, ditambah ketegangan, depresi, dan kemarahan yang meningkat, selain mempersulit pemulihan tubuh, akan membuat olahraga terasa tidak menyenangkan. Jadi, manfaatkan 1-2 hari selama 1 minggu untuk libur berolahraga, setelah Anda melakukannya setiap hari dalam seminggu. (kompas/nia/edt)

Check Also

Bukan Hanya Lapar, Ini 3 Penyebab Lainnya Mengapa Orang Makan Berlebihan

  SEGALA  sesuatu yang berlebihan dari seharusnya akan memberikan dampak negatif, termasuk saat makan. Makan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: