Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / Ternyata Sifat yang Satu Ini Bikin Anda Dibenci Orang
Ilustrasi
Ilustrasi

Ternyata Sifat yang Satu Ini Bikin Anda Dibenci Orang

WOL – Apa sifat menyebalkan yang membuat Anda dibenci oleh orang lain? Sombong, angkuh, atau kejam? Ternyata bukan itu. Sifat yang paling membuat Anda dibenci orang adalah merendah untuk menyombong.

Sebuah penelitian dari Harvard dan University of North Carolina Chapel Hill menunjukkan, orang zaman sekarang tidak dapat dibohongi dengan sifat menyembunyikan kesombongan dengan merendah.

Humblebragging adalah istilah bahasa Inggris untuk merendah untuk menyombong. Artinya Anda menutupi kesombongan dengan kesederhanaan.

Sifat ini ternyata lebih dibenci bahkan daripada sombong sekali pun. Temuan ini dipublikasikan baru-baru ini dapat Journal of Personality and Social Psychology, seperti dilansir dari Time, Rabu (17/1).

“Ini fenomena umum. Semua orang pernah bertemu dengan orang yang menyebalkan, baik di media sosial maupun di lingkungan kerja,” ujar penulis studi Ovul Sezer, asisten profesor di UNC.

Saat orang melakukan humblebragging, mungkin mereka berharap tidak terlihat sombong. Namun, sebenarnya itu lebih menyebalkan karena menutupi kesombongan dengan kesederhanaan.

Kalimat yang menunjukkan humblebragging yakni seperti, “Aku enggak tahu kenapa aku terus yang diminta melakukan tugas terpenting di tim ini.” Atau, “Aku benci terlihat muda, sampai dikira anak umur 19 tahun.”

Dari survei yang dilakukan pada 646 orang, 70 persen pernah bertemu dengan humblebragger di lingkungannya. Jika dibandingkan dengan orang yang suka mengeluh, mereka juga lebih menyebalkan.

Namun, tanpa sadar mungkin Anda pernah melakukannya. Karena itu, mungkin ini saat yang tepat untuk introspeksi, apakah Anda seorang humblebragger? (time/liputan6/ags/data1)

Check Also

Ayam betutu (Foto: Easy Food Recipe)

Hangatkan Suasana Akhir Pekan dengan Sajian Spesial Ayam

  SUDAH bosan makan ayam goreng? Kenapa tidak ditumis saja dengan campuran bumbu lezat dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.