Home / Ragam / Gaya Hidup / Ternyata Puasa Bisa Bikin Awet Muda
Bugar saat puasa (Foto: Dailyburn)

Ternyata Puasa Bisa Bikin Awet Muda

Waspada.co.id – Ada berkah lain yang bisa Anda dapatkan dengan berpuasa di bulan Ramadan ini. Awet muda. Hal itu disampaikan Dokter Kecantikan dan Antipenuaan, Liza Widjaja saat ditemui usai acara “Kalbe Edukasi Kesehatan, Manfaat Lain di Balik Puasa” di Jakarta baru-baru ini.

“Seiring bertambah usia, sel-sel tubuh punya batasan untuk membelah lagi. Dari penelitian, ada pengurangan kalori sebanyak 20-40 persen tubuh saat puasa. Adanya pengurangan kalori memengaruhi kemampuan sel untuk membelah diri,” kata Liza.

Kemampuan sel membelah diri jadi bertambah panjang. Sel-sel yang berada dalam organ tubuh, seperti hati dan jantung perlu perbaikan (dirinya sendiri) kalau ada kerusakan. Artinya, perbaikan organ tubuh yang makin baik juga didukung dengan kemampuan sel membelah diri.

Gen Antipenuaan
Liza menambahkan, pengurangan kalori yang memengaruhi kemampuan sel tubuh membelah diri bertambah panjang juga membuat gen antipenuaan meningkat.

“Ada pengaruhnya juga ke organ tubuh. Organ tubuh jadi istirahat selama puasa (memperbaiki diri sendiri). Aktivitas di dalam organ tubuh berkurang. Ini bisa dilihat dari mitokondria, yang ada di dalam sel. Mitokondria itu menghasilkan energi. Selama puasa, aktivitas dari mitokondria juga diam (istirahat),” tambah dokter yang sehari-hari bertugas di Klinik Estetiderma itu.

Pengaruh dari aktivitas organ tubuh dan sel yang istirahat meningkatkan gen antipenuaan. Anda pun terhindar dari penuaan dini. (liputan6/ags/data1)

Check Also

4 Tips Terhindar dari Depresi di Kala Puasa

  JAKARTA – Depresi tidak menghalangi seseorang untuk tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Namun tentu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: