_
Home / Ragam / Kesehatan / Ternyata Pria Suka Makan Sayur dan Buah Lebih Pintar!
Ilustrasi

Ternyata Pria Suka Makan Sayur dan Buah Lebih Pintar!

Waspada.co.id – Sayur dan buah-buahan berperan penting pada fungsi otak. Namun tak cuma membuat tubuh jadi lebih sehat dan punya bobot tubuh seimbang, konsumsi buah dan sayur ternyata juga bisa membuat orang lebih cerdas.

Penelitian anyar dari Amerika Serikat menunjukkan pria paruh baya yang banyak makan sayur dan buah memiliki fungsi kognitif atau kemampuan berpikir yang lebih baik. Mereka memiliki kemungkinan masalah pada fungsi kognitif yang lebih rendah dibandingkan pria yang tidak makan sayur dan buah.

Hasil ini didapat setelah melalui penelitian panjang. Para peneliti menganalisis 28 ribu pria berusia 51 tahun selama dua dekade.

Setiap empat tahun, partisipan diminta untuk menjawab tentang asupan buah, sayur dan makanan yang dikonsumsinya. Mereka juga mengikuti tes kemampuan berpikir dan ingatan saat berusia 73 tahun.

Berdasarkan hasil tes itu, peneliti menemukan bahwa pada saat mereka berusia 70-an, pria yang secara teratur makan sayur selama 20 tahun sebelumnya 17 persen lebih kecil memiliki risiko masalah kognitif tingkat sedang. Mereka juga memiliki 34 persen lebih kecil kemungkinan mengalami penurunan fungsi kognitif.

Sementara konsumsi buah secara umum tidak mempengaruhi masalah kognitif tingkat sedang. Namun, pria yang lebih banyak meminum jus jeruk memiliki kemungkinan 47 persen lebih kecil mengalami penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

“Asupan sayuran dalam jangka waktu lama (seperti sayuran hijau, oranye, dan merah), buah (seperti keluarga buah berry), jus buah (seperti jus jeruk), dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif para pria di masa mendatang,” kata pemimpin penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health Changzheng Yuan, dikutip dari Reuters.

Di sisi lain, peneliti memberikan catatan untuk konsumsi jus buah karena mengandung kalori dan gula yang banyak.

“Lebih baik untuk mengonsumsi jus buah tidak lebih dari satu gelas kecil per hari,” ucap Yuan.

Buah dan sayuran baik untuk otak karena kaya akan vitamin dan nutrisi seperti antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu otak melawan stres oksidatif dan mempertahankan fungsi vaskular terutama untuk kesehatan kognitif. (cnn/data1)

Check Also

Nawal Ajak Siswa Terapkan Pola Hidup Sehat

MEDAN, Waspada.co.id – Menjaga kesehatan itu sangat penting, termasuk bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.