Home / Ragam / Hiburan / Ternyata Kulit Telur Kaya Kalsium untuk Dukung Kesehatan Tulang Wanita
Cangkang telur (Foto: Cuisine & Health)
Cangkang telur (Foto: Cuisine & Health)

Ternyata Kulit Telur Kaya Kalsium untuk Dukung Kesehatan Tulang Wanita

agregasi
agregasi

 

PASTI Anda selalu makan telur dan membuang kulitnya. Ternyata ubah kebiasaan itu, karena kulit telur kaya kalsium sama seperti susu.

Beberapa penelitian ilmiah telah melaporkan bahwa kulit telur jadi sumber kalsium yang bermanfaat. Sebuah artikel ulasan 2003 dalam The International Journal of Clinical Farmacology Research menyebutkan, kulit telur mengandung tinggi kalsium yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Selain kalsium, ada sumber alami lainnya seperti strontium dan fluor.

“Ketersediaan kalsium dalam kulit telur jumlahnya sangat tinggi. Seperti yang diuji pada anak babi, saat diberi makanan kulit telur mendapatkan asupan kalsium karbonat yang besar,” terang para peneliti, dilansir Newyorktime, Kamis (12/4/2018).

Tentunya kulit telur sangat baik jika dikonsumsi oleh seorang wanita. Mereka adalah makhluk hidup yang paling membutuhkan kalsium untuk meningkatkan kesehatan tulang hingga kesuburannya.

Apalagi wanita modern sering mengalami keluhan nyeri tulang akibat aktivitas yang padat. Dengan konsumsi kulit telur, dapat meningkatkan mobilitas dan kepadatan tulang atau menghentikan rasa nyeri yang menyakitkan.

“Nyeri tulang atau malah osteroporosis bisa dialami oleh wanita manapun. Karenanya, masalah ini dapat dicegah dnegan mengonsumsi makanan kaya kalsium,” imbuhnya.

Selain untuk menguatkan tulang, kalsium sangat dibutuhkan seseorang untuk meningkatkan kekuatan gigi, meningkatkan fungsi otak, dan lain sebagainya. Tentu bahan ini dapat diberikan mulai dari kalangan usia anak-anak hingga lansia.

Anda bisa mengonsumsi cangkang telurnya langsung, tapi tentu dicuci dan dihilangkan dulu lendir sisa bagian dalam telurnya. Bahan ini bisa diolah dnegan cara ditumis atau direbus sebentar, untuk menghilangkan bau amisnya saja.

Ditambah lagi studi yang membuat hasil penelitian ini lebih bermanfaat. Sebuah studi Argentina yang diterbitkan tahun lalu dalam The International Journal of Food Science dan Nutrition menemukan, cangkang telur mengandung sekira dua gram kalsium. Orang deawasa setidaknya dua butir cangkang telur yang sudah dikemas dalam suplemen kapsul.

Uniknya, di beberapa negara maju, cangkang telur dimanfaatkan sebagai bahan makanan bubuk yang melezatkan makanan. Biasanya penggemarnya menambahkan bahan ini dalam roti, pizza atau spaghetti. Tapi saat dimakan, tidak ada perubahan rasa dan teksturnya sedikit lebih kasar.

Check Also

Sayur dan buah dapat atasi depresi (Foto: Healththoroughfare)

Hasil Penelitian: Konsumsi Sayuran dan Buah Muda Bisa Atasi Depresi

  SEBUAH penelitian menemukan makan buah dan sayuran mentah seperti kiwi, pisang, apel, dan sayuran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.