Home / Ragam / Gaya Hidup / Ternyata Ini Alasan Mengapa Hubungan Istri dengan Ibu Mertua Kerap Tegang
Ilustrasi mertua (Foto: Huffingtonpost)

Ternyata Ini Alasan Mengapa Hubungan Istri dengan Ibu Mertua Kerap Tegang

agregasi
agregasi

 

BEBERAPA wanita mungkin pernah merasakan hubungan dengan ibu mertua tegang. Masing-masing di dalam hati menyimpan kekesalan. Bahkan, ada yang sampai terjadi percekcokan antara anak menantu dan ibu mertua.

Masalah-masalah seperti berebut kasih sayang, waktu dan perhatian menjadi warna kelabu dalam hubungan anak dan mertua. Tetapi, menurut Psikolog Klinis Dewasa, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, inti dari permasalahan terus berlanjut antara anak dan mertua adalah kurangnya komunikasi

“Kurangnya komunikasi antara menantu dan ibu mertua, sehingga tidak memahami kebutuhan satu sama lain. Sering kali menantu kurang memahami bahwa ibu mertua merasa kehilangan kehadiran anaknya di rumah setelah menikah,” terang wanita yang akrab disapa Dina ini kepada Okezone, Selasa (13 Desember 2016).

Satu-satunya cara untuk mencairkan hubungan menantu dan ibu mertua adalah membuka komunikasi. Seperti memberikan perhatian dengan sering datang berkunjung. Cara ini ampuh sebagai salah satu siasat untuk mengatasi kebutuhan perhatian mertua dari menantu dan anaknya.

“Mengenai perbedaan pendapat, sebaiknya belajar untuk lebih mau terbuka dengan ibu mertua. Kenali karakternya untuk mengetahui cara menyampaikan sesuatu. Banyak bertanya dengan suami, seperti apa sifat ibunya, apa yang disukai dan tidak,” jelas psikolog lulusan Universitas Padjajaran ini lebih lanjut.

Masalah-masalah kecil seperti beda pendapat, itu wajar karena menantu dan mertua beda generasi, latar belakang, dan selera. Sebaiknya, jika persoalan kecil ini sampai menimbulkan ketegangan, lebih baik sebagai anak, menantu banyak mengalah.

Check Also

Presiden Filipina Pertimbangkan Larang Warganya Bekerja di Kuwait

MANILA, WOL – Presiden Filipina Rodrigo Duterte sedang mempertimbangkan untuk melarang warganya bekerja di Kuwait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: