Home / Ragam / Kesehatan / Ternyata Hobi Gigit Bibir Sendiri Bisa Berbahaya!
Ilustrasi (ist)

Ternyata Hobi Gigit Bibir Sendiri Bisa Berbahaya!

Waspada.co.id – Apakah Anda termasuk orang yang gemar menggigit bibir sendiri? Jika iya, sebaiknya kebiasaan ini tidak dilanjutkan lagi!

Hal ini berkaitan dengan risiko yang bakal terjadi jika kebiasaan gigit bibir terus Anda lakukan. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Bedah Mulut Dr. drg. RM Sri Hananto Seno, SpBM (K)., MM., kebiasaan ini bisa memicu sariawan.

“Perlu diketahui, gigit bibir sendiri itu bisa menimbulkan sariawan. Lama-lama, sariawan ini akan berubah sifat dan bisa berisiko lebih jauh ke masalah yang lebih serius,” paparnya pada Okezone saat ditemui di D’Lab Cocowork, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

drg. Seno juga menjelaskan bahwa jika kondisi sariawannya terbilang sering dan ditambah dengan adanya faktor stres yang berlangsung panjang, maka hal paling buruk dapat terjadi adalah kanker mulut.

Hal ini berkaitan dengan sariawan yang menjadi “pintu gerbang” masalah kanker. Jadi, karena sistem saraf yang terbuka itu yang kemudian membuat virus dapat dengan mudah masuk. Tapi, tentunya ini juga berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh setiap manusia.

Menurut Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia itu, ada tanda juga ketika sariawan itu bukan sariawan biasa.

“Tanda pertama adalah sariawannya tidak kemerahan. Kalau merah sekali itu sariawan biasa. Kemudian, bagian pinggirnya menonjol, tidak ada rasa sakit, dan area tersebut menjadi lebih keras dari biasanya,” ujar drg. Seno.

Nah, kalau sariawan ini dibiarkan, lama kelamaan, sambung drg. Seno, sariawannya ini akan ke bawah dan kena saraf dan kalau sudah begini, rasa sakitnya akan jauh lebih terasa. Juga, bisa semakin memperparah kondisi dan memperbesar kemungkinan kanker mulut itu terjadi. (okz/data2)

Check Also

Persiapan Fisik Menyambut Bulan Puasa

WOL – Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Apa saja yang Anda persiapkan? Selain mental ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: