Newsticker
WOL / Ragam / Tempat Paling ‘Aman’ di Pesawat Jika Terjadi Kecelakaan
Istimewa
Istimewa

Tempat Paling ‘Aman’ di Pesawat Jika Terjadi Kecelakaan

Benner-Erry

WOL – Moda transportasi udara, seperti pesawat selalu menjadi pilihan bagi para wisatawan. Jika yang dicari ialah kenyamanan dan menghemat waktu, dengan pesawat, wisatawan bisa lebih menikmati perjalanan dan menghemat tenaga, ketika akan mengunjungi tempat wisata lainnya.

Namun, seperti transportasi lainnya, kecelakaan juga sesuatu yang mungkin saja terjadi dan sulit di antisipasi. Meski demikian, seperti dilansir The Huffington Post, pesawat ialah transportasi paling aman dibanding transportasi lainnya.

Selain itu, banyak juga wisatawan yang penasaran, tempat duduk bagian mana yang paling aman jika terjadi kecelakaan?

Menanggapi hal itu, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional tidak menyimpan statistik, atau melakukan studi yang berkaitan dengan kursi pesawat paling aman. Tapi sebuah media besar, yakni  Popular Mechanics yang pada 2007, menganalisis data NTSB untuk setiap kecelakaan pesawat komersial di Amerika serikat. sejak 1971, mereka menganalisis tempat korban selamat dan korban tewas secara rinci jika kecelakaan terjadi.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa kursi di bagian belakang tepat di batas sayap pesawat memiliki tingkat kelangsungan hidup hingga 69 persen. Sementara itu, kursi di sayap dan bagian lorong memiliki tingkat kelangsungan hidup 56 persen. Dan bagian depan, memiliki tingkat kelangsungan hidup 49 persen.

Analisis kedua pada 2015, yang dilakukan oleh Time dengan mengambil data selama 35 tahun, menemukan hasil yang serupa. Kelompok tersebut mempersempit penelitian mereka menjadi 17 kecelakaan sejak 1985, yang memiliki korban jiwa dan korban selamat dan di mana grafik tempat duduk tersedia.

Time menemukan bahwa kursi di bagian belakang ketiga pesawat memiliki tingkat kematian yang lebih rendah (32 persen), dari pada kursi di atas sayap (39 persen), atau depan (38 persen).

Secara khusus, kursi tengah di bagian belakang memiliki nasib terbaik dengan angka kematian mencapai 28 persen. Yang paling tidak aman adalah kursi lorong di tengah sepertiga kabin, yang memiliki tingkat kematian 44 persen.

Lebih lanjut, analisis tersebut juga mencatat bahwa keadaan spesifik dari sebuah kecelakaan dapat membuat rata-rata ini tidak relevan. Tapi pada umumnya, bagian belakang pesawat adalah tempat yang tepat.

Tentu saja, ada cara untuk meningkatkan peluang bertahan hidup di mana pun tempat Anda duduk. Perhatikan briefing pengaman, ketahui jumlah baris ke pintu keluar terdekat, dan bersiaplah untuk siaga menghadapi kecelakaan yang sangat tidak mungkin terjadi. (vivalife/ags/data1)

Baca Juga

Ilustrasi (Dok: Shutterstock)

Polisi Brazil Tangkap Mantan Multi Jutawan

RIO DE JANEIRO,WOL – Polisi Federal Brazil menangkap mantan multi-jutawan Eike Batista pada Senin pagi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.