Home / Ragam / Kesehatan / Tembakau Alternatif Diyakini Jadi Solusi Kesehatan Bagi Perokok
aktual.com

Tembakau Alternatif Diyakini Jadi Solusi Kesehatan Bagi Perokok

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Kontroversi mengenai penggunaan produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar dan rokok elektrik tidak saja dialami Indonesia, juga di beberapa negara maju.

Dalam berbagai diskusi, risiko kesehatan yang lebih rendah dari produk ini menjadi fokus utama yang dikemukakan oleh para ahli. Ini pula yang kemudian menjadi dasar pertimbangan dan rujukan bagi pemangku kepentingan dalam memutuskan sikap untuk produk tembakau alternatif.

Kemunculan produk tembakau alternatif untuk mengurangi jumlah angka perokok yang selalu naik setiap tahunnya belum mendapatkan respon yang baik. Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara produk tembakau alternatif dengan rokok konvesional. Anggapan inilah yang menurut Dr. drg. Amaliya, MsSc., PhD, tim peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia membuat potensi positif dari produk tersebut menjadi tak terlihat.

“Hasil penelitian dari Public Health of England membuktikan bahwa produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar dapat menurunkan risiko kesehatan hingga 95 persen. Selain itu, studi dari Georgetown University Medical Center Amerika Serikat juga mengungkapkan sebanyak 6,6 juta orang di Amerika Serikat memiliki potensi terhindar dari kematian dini jika perokok beralih ke produk tembakau alternatif,” jelas Dr. drg. Amaliya.

Sementara, masalah ini dialami sejumlah negara, seperti Selandia Baru dan kini Rusia. Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov pada awal Maret 2018 tengah mempersiapkan kebijakan yang mengkategorikan produk tembakau alternatif ke dalam peraturan terpisah dengan rokok konvensional dan tembakau.

Keputusan pemisahan peraturan tersebut berdasarkan pada pertimbangan perbedaan manfaat di antara kedua produk.

Check Also

Lezatnya Asem-Asem Ceker Ayam Bakal Menggoyang Lidah Anda

  TIDAK sedikit orang yang mengaku merasa jijik jika harus menyantap ceker atau kaki ayam. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: