Home / Ragam / Kesehatan / Tanda-Tanda Anda Kena Tumor Otak, Gejalanya Seperti Sakit Ringan
foto: Okezone News

Tanda-Tanda Anda Kena Tumor Otak, Gejalanya Seperti Sakit Ringan

KANKER otak memang mempengaruhi kurang dari 1% populasi dunia, namun biasanya gejala awal tumor otak sulit dideteksi. Gejalanya, tidak berbeda jauh dengan sakit kepala dan kadang merasakan depresi.

Hal ini membuat kita menerka-nerka, apakah kita terkena tumor otak? Mengutip laman Read Digest, Okezone memberikan tanda-tanda gejala tumor otak yang sangat membunuh secara diam-diam.

Sakit kepala terus menerus

Sangat sulit bagi dokter untuk mengetahui perbedaan antara sakit kepala (atau migrain penuh) yang disebabkan oleh tumor otak dan akibat dari alasan lain.

“Indikator terbaik adalah sakit kepala harian baru yang tampaknya tidak akan hilang,” kata Mike Chen, MD, PhD, profesor, divisi bedah saraf, departemen bedah di City of Hope.

 

Nyeri ini dapat sangat bervariasi terlepas dari ukuran atau pertumbuhan tingkat tumor. Tumor yang kecil dan cepat tumbuh dapat menyebabkan sakit kepala yang parah seperti tumor yang tumbuh dengan lambat.

Faktanya, tidak ada jenis sakit kepala spesifik yang dapat memprediksi apakah seseorang memiliki tumor otak atau bukan. Kuncinya adalah untuk waspada terhadap sakit kepala baru dan terus-menerus yang tidak menanggapi perawatan apa pun, seperti obat-obatan yang dijual bebas.

Penglihatan memudar

Pasien yang mengalami gejala khusus ini mungkin tidak menyadarinya sama sekali. Apalagi mengasosiasikannya dengan tumor otak.

Mereka mungkin tidak menyadari perubahan dalam kualitas penglihatan mereka sampai mereka terus menabrak benda-benda di satu sisi tubuh yang terkait dengan kehilangan penglihatan atau mengalami kecelakaan mobil berulang di sisi kerugian.

“Gejala khusus ini atau gangguan penglihatan perifer dikenal sebagai hemianopsia bitemporal,” kata co-director untuk Pendidikan Kedokteran di Sekolah Med Tutor, Christopher Carrubba, MD.

Lemah dan lesu

Korteks motorik otak memulai dan mengontrol gerakan otot di seluruh tubuh. Korteks motor kanan mengontrol sisi kiri tubuh Anda dan korteks motor kiri mengendalikan sisi kanan tubuh Anda. Jika ada tumor di mana saja di sepanjang jalur ini, sinyal-sinyal ini benar-benar terganggu dan hasilnya adalah hilangnya fungsi.

”Jika Anda memiliki tumor otak, Anda mungkin tidak mengalami rasa sakit di anggota tubuh Anda, tetapi kaki atau lengan kiri atau kanan Anda mungkin tidak merespons. Kaki yang lemah mungkin juga berarti Anda memiliki kekurangan vitamin D,” ujarnya.

(mrt/devi)

Check Also

Bangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Asupan Ini

Waspada.co.id – SAAT ini Indonesia sedang berada pada puncak musim kemarau, yang berarti sebentar lagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: