Home / Ragam / Gaya Hidup / Tak Mau Canggung saat Pacaran? Coba 5 Tips Berikut
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Tak Mau Canggung saat Pacaran? Coba 5 Tips Berikut

agregasi

 

KENCAN jadi basi dan tidak ada lagi bahan obrolan yang akan diperbincangkan? Pasti Anda jadi bingung dan salah tingkah. Akhirnya Anda dan pasangan mungkin hanya saling diam. Tak jarang, Anda atau pasangan malah main HP agar tidak canggung.

Namun, hal itu justru makin menghambat percakapan Anda dan pasangan saat kencan. Simak tips kencan berikut agar selalu ada topik yang menarik untuk dibahas.

1. Tanya hal yang spesifik, jangan cuma, “Hari ini ngapain saja?”

Sangat mungkin untuk kehabisan topik percakapan saat kencan dengan pasangan. Apalagi jika Anda hanya mengulang pertanyaan yang itu-itu saja setiap kali bertemu.

Jadi daripada sekadar bertanya, “Hari ini ngapain saja?”, tanyalah hal-hal yang lebih spesifik lagi. Misalnya tentang bagaimana perasaannya tentang masalah di sekolah atau kantor, atau setelah bertemu dengan orang-orang baru di kantor.

Bila Anda tidak bertanya secara spesifik, pasangan Anda mungkin jadi bingung mau menceritakan masalah apa dan bagian yang mana, sehingga ia malah menjawab seadanya.

2. Dengarkan musik bersama

Menurut penelitian, mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih nyaman saat bersama dengan orang lain. Musik juga merangsang sistem limbik otak, yang penting untuk membentuk relasi emosional.

Pasanglah lagu yang Anda atau pasangan Anda sukai dan bisa dinikmati bersama. Ini bisa memancing percakapan tentang lagu yang sedang didengarkan masing-masing.

3. Simpan ponsel Anda

Saat kencan, sebaiknya simpan saja HP Anda di dalam tas. Jika Anda sedang makan bersama, tidak perlu meletakkan HP Anda di atas meja.

Meletakkan HP di atas meja memicu Anda untuk selalu mengecek layar saat ada pesan yang masuk. Akhirnya, Anda nantinya akan asyik sendiri dengan HP Anda. Inilah yang akan membuat Anda dan pasangan saling berdiam diri saat kencan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kualitas hubungan, kepercayaan, dan empati merosot sebanyak 35 persen ketika pasangan main HP selama mengobrol. Penulis penelitian mengatakan lebih jauh bahwa mengecek HP bisa menyita perhatian Anda dari pasangan.

4. Jujur saja kalau Anda merasa canggung

Jika Anda memang merasa canggung dan kehabisan topik saat kencan, utarakan saja sejujurnya. Anda bisa mengatakan pada pasangan Anda seperti “Aku jadi bingung mau ngomong apa lagi. Jadi canggung, deh. Kamu juga merasa begitu, tidak?”

Menurut psikoterapis Mel Schwartz, L.C.S.W., penulis The Art of Intimacy, ucapkan pertanyaan yang jujur dan tulus, yang bisa mengarah ke percakapan yang lainnya. Bahkan kejujuran bisa jadi sebuah ice breaker di antara Anda berdua. Pasangan Anda mungkin akan menjadi lebih rileks dan terbuka ketika ia tahu apa yang sedang Anda rasakan dan pikirkan.

5. Coba cerita duluan

Suasana yang canggung dan hening saat kencan biasanya terjadi karena salah satu pasangan yang lebih sering bicara, sementara yang satunya lebih banyak diam mendengarkan. Ketika pasangan yang lebih sering bicara akhirnya diam, tentu saja suasana jadi hening dan canggung.

Padahal jika Anda mau terbuka dengan pasangan Anda, kemungkinan kehabisan topik saat kencan itu sangat kecil. Maka, usahakan untuk membuka diri dan bercerita duluan untuk membuka topik. Jangan hanya menjawab kalau ditanya.

Anda bisa bercerita soal macam-macam hal. Mulai dari rasa minuman dan makanan yang sedang disantap, pengalaman unik Anda beberapa waktu lalu, hingga rencana-rencana Anda di masa depan.

Check Also

5 Ciri Makanan Sehat, Sarapan Kamu Penuhi Gak?

  KESEHATAN merupakan dambaan setiap manusia. Banyak cara yang ditempuh agar dapat memperoleh tubuh yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: