Home / Ragam / Gaya Hidup / Tak Ingin Bad Mood? Coba 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Suasana Hati
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Tak Ingin Bad Mood? Coba 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Suasana Hati

agregasi

 

SERING merasa cemas, gelisah, dan bad mood berkepanjangan? Penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasakan hal tersebut. Salah satunya adalah terkait asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Sekilas memang terdengar tidak masuk akal, namun perlu diketahui bahwa banyak orang yang tidak menyadari mayoritas kandungan kimia yang mengatur suasana hati kita berasal dari makanan yang kita santap sehari-hari.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghindari bad mood atau perasaan gelisah yang berlebihan, berikut Okezone rangkumkan 5 jenis makanan yang dapat menjaga dan bahkan meningkatkan suasana hati. Sebagaimana dilansir dari Eatingwell, Kamis (21/6/2018).

Cokelat

(Foto: Shutterstock)

Para ilmuwan mengklaim bahwa cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) dan membuat siapa saja yang mengonsumsinya merasa bahagia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Nestle Research Center, Swiss, disebutkan seseorang yang mengongsumsi dark chocolate secara rutin selama dua minggu dapat menurunkan kadar cortisol dan hormon pemicu stres lainnya. Ini karena kandungan antioksidan yang ditemukan dalam dark chocolate.

Salmon

(Foto: Shutterstock)

Kekurangan asam lemak dan omega-3 ternyata dapat mengurangi pergerakan neurotransmitters di dalam tubuh. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap keseimbangan suasana hati Anda.

Dengan mengonsumsi jenis ikan berdarah dingin seperti salmon, tuna atau ikan sarden, Anda dapat meningkatkan kembali suasana hati yang sempat menurun. Kudapan yang paling tepat Anda santap adalah salmon rebus. Jika tidak memiliki waktu berlebih untuk memasaknya, Anda juga bisa membeli sushi.

Blueberry

(Foto: Shutterstock)

Dibandingkan buah-buahan dan sayuran jenis lainnya, blueberry diklaim memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan kinerja otak. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid pada blueberry juga dapat meningkatkan suasana hanti, meningkatkan memori, dan melindungi otak dari penuaan.

Penelitian terbaru juga mengklaim bahwa kandungan anti-inflamasi pada blueberry dapat mengobati PTSD dan masalah kesehatan mental lainnya.

Check Also

Tidak Rugi Sering Konsumsi Pepaya & Jagung, Ini 8 Manfaat Sehatnya

  BERBAGAI penelitian telah mengatakan bahwa buah dan sayur merupakan makanan yang bernutrisi tinggi. Buah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: