Home / Fokus Redaksi / Tak Cuma Bikin Damai, Pelukan Bisa Ciptakan 7 Manfaat Ini
Ilustrasi (Foto: India)

Tak Cuma Bikin Damai, Pelukan Bisa Ciptakan 7 Manfaat Ini

agregasi
agregasi

 

BERPELUKAN jadi salah satu cara melepas rindu bagi pasangan atau untuk orangtua. Tidak hanya mendamaikan hati, namun ada manfaat lain jika Anda sering berpelukan dengan orang-orang terdekat.

Apalagi kalau sudah lama tidak bertemu, pelukan jadi salah satu hal meluapkan rasa gembira pasca-berpisah. Begitu juga saat mengalami kesedihan, memeluk orang terdekat bisa jadi cara mendamaikan pikiran.

Pelukan juga identik untuk membangkitkan rasa cinta dan kasih sayang pada seseorang. Anda juga mudah menstabilkan emosi diri sendiri.

Berikut adalah manfaat yang Anda dapatkan saat sering berpelukan. Simak ulasannya, seperti dilansir Okezone dari Thehealthsite, Jumat (31/8/2018).

Memerangi flu

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University, memeluk (terutama ketika Anda stres) membantu dalam mengurangi pilek dan flu biasa. Ini menunjukkan bahwa pelukan efektif dalam melindungi orang dari kerentanan, yang disebabkan stres terhadap infeksi virus. Jangan malu untuk memeluk pasangan ketika sedang butuh kedamaian.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ketika Anda memeluk seseorang, Anda memberikan tekanan pada sternum (tulang dada) dan muatan emosional dibuat. Cara ini dapat mengaktifkan chakra solar plexsus, yang merangsang kelenjar thymus. Kelenjar ini mengatur produksi leukosit (sel darah putih) dalam tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik.

Penghilang stres alami

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengklaim, bahwa dipeluk oleh orang tersayang, bertindak sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan dukungan. Terlepas dari itu, berpelukan bisa mengurangi risiko stres. Apalagi kalau pelukan dilakukan dalam keadaan kalut, cemas atau sedih. Pasti Anda akan merasakan kedamaian yang terjadi alamiah.

pelukan

Menurunkan tingkat tekanan darah

Ketika Anda memeluk atau mencium seseorang, kadar oksitosin jadi meningkat. Hormon ini berperan dalam pengurangan kortisol dalam tubuh. Dengan demikian dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, ketika seseorang memeluk, ada reseptor tekanan pada kulit yang diaktifkan. Ada sinyal yang dikirim ke saraf otak, yang mampu menurunkan tekanan darah.

Membakar kalori

Anda mungkin tidak percaya bahwa memeluk orang yang Anda cintai membakar sekira 12 kalori. Ini berarti bahwa setiap kali Anda memeluk seseorang, Anda membakar lebih banyak kalori. Akhirnya, Anda tidak cepat merasa gemuk setiap waktu.

Merelaksasi ketegangan otot

Pelukan dapat melepaskan ketegangan otot tubuh, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah Anda. Terlepas dari menghilangkan stres mental, pelukan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan aktivitas otot Anda.

Meningkatkan ingatan

Hormon oksitosin akan dilepaskan ke aliran darah, ketika Anda memeluk teman dekat atau orang yang dicintai. Cara ini meningkatkan ingatan, karena mengurangi ketegangan. Di samping itu, pelukan juga dapat merangsang sistem saraf parasimpatis, sehingga membantu Anda lebih tenang.

Check Also

Benarkah Makan Duren Bisa Bikin Mabuk? Ini 6 Mitos Lainnya soal Buah yang Tak Perlu Lagi Anda Percaya

  KITA semua tahu buah adalah makanan sehat. Sayangnya, banyak mitos menyesatkan yang membuat kebanyakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: