Home / Ragam / Sup Rawon khas Surabaya ada di Medan
ISTIMEWA

Sup Rawon khas Surabaya ada di Medan

WASPADA ONLINE

MEDAN – Daging sapi dipotong-potong lalu direbus dengan bumbu yang terdiri daun jeruk, serai, lengkuas dan daun salam. Setelah meresap, dicampurkan dengan buah kluwek yang telah dihaluskan. Setelah proses tersebut selesai, rawon daging sapi tidak langsung disajikan namun harus melalui prosespermentasi selama satu hari dahulu.
Begitulah pembuatan rawon daging sapi di Giant Village yang menghasilkan cita rasa yang khas dan sama dengan kota asalnya yaitu Surabaya. Rasa dari campuran rempah akan sangat terasa ketika menyeruput kuah rawon. Rasanya sangat pas, tidak terlalu asin dan juga tidak terlalu manis. Daging sapi juga terasa sangat empuk ketika digigit.
Buah kluwek merupakan buah yang wajib ada setiap pembuatan rawon. Warna hitam yang khas pada rawon tercipta dari buah kluwek tersebut. Kluwek memang menjadi bumbu utama pembuatan rawon. Pemilihan kluwek untuk rawon juga tidak sembarangan, kluwek yang cocok untuk menjadi bumbu rawon adalah kluwek yang sudah tua. Sebelum sampai di dapur buah Kluwek pun wajib dicicip terlebih dahulu agar rasanya benar-benar pas ketika dibuat menjadi rawon.
Restoran yang terletak di lantai II Plaza Medan fair ini mencoba menghadirkan rawon dengan cara memasak yang berbeda namun tetap menjaga cita rasanya. Proses permentasi dalam pembuatan rawon daging sapi merupakan proses yang wajib dilakukan. Dengan permentasi bumbu akan meresap sempurna dan memberikan cita rasa khas dan membuat rasa dari buah kluwek benar-benar keluar.
Manager Giant Village Billy Indart mengatakan, rawon daging sapi merupakan salah satu menu yang menjadi andalan serta favorit pengunjung di Giant Village. Rawon daging sapi di Giant Village disajikan dimangkuk dengan tambahan sambal terasi yang level pedasnya bisa disesuaikan. Jika ingin dengan nasi juga bisa dinikmati dengan sepiring nasi.
ďRawon yang kami hadirkan di Giant Village bahan-bahannya langsung kita bawa dari Jawa dan Surabaya, kokinya juga dari Jawa. Hal itu agar rasa rawonnya pas dengan rasa di kota asalnya yaitu Surabaya,Ē ujarnya.
Editor: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
(dat06/wol/eko)

Check Also

Tiba di Plaza Medan Fair, Sihar Langsung ‘Diserang’ Warga

MEDAN, WOL – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus, ‘diserbu’ sekelompok orang di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: