Home / Ragam / Gaya Hidup / Sst.. Jangan Gunakan Tangan untuk Mengolah Burger Biar Lezat
Burger (Sandiegouniontribune)

Sst.. Jangan Gunakan Tangan untuk Mengolah Burger Biar Lezat

agregasi
agregasi

 

PERNAHKAH Anda mencoba membuat burger di dapur rumah? Ya, hasilnya kemungkinan besar tidak selezat seperti olahan burger di restoran-restoran bintang lima. Padahal, Anda telah menggunakan bahan-bahan dan alat masak yang kurang lebih sama dengan yang digunakan oleh para chef profesional.

Tapi ketika membeli burger di restoran favorit, Anda tidak hanya mendapatkan tekstur roti yang dimasak sempurna, namun olahan daging pattinya terasa lembut dengan sensasi rasa juicy. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah restoran-restoran itu membuat olahan burger lezat itu?

Dilansir dari The Daily Meal, Senin (28/5/2018), salah satu kuncinya adalah dengan menggunakan wajan besi atau alat panggang khusus dengan suhu yang tepat. Sebagian besar restoran memiliki alat panggang yang dapat diatur pada suhu tertentu, sehingga teksur roti burger pun akan terasa lebih renyah.

Burger (Sandiegouniontribune)

Sementara untuk membuat olahan patties yang lezat, para chef biasanya akan menekan bagian daging sambil sesekali memukulnya dengan spatula. Teknik ini akan membuat pinggiran daging menjadi lebih renyah, namun tetap terasa lembut dan juicy pada bagian tengahnya.

Selain itu, sebagian besar chef profesional juga mengetahui kapan burger matang hanya dengan menekan daginnya menggunakan spatula. Setelah itu, barulah mereka akan melelehkan keju di atasnya lalu menutup patty dengan sebuah mangkuk dan menyemprotkan air pada bagian bawahnya untuk mengeluarkan uap.

Kesimpulannya, untuk membuat olahan burger yang enak memang cenderung sulit jika dilakukan di rumah. Tetapi jika Anda memiliki alat pemanggang berukuran besar dan spatula logam yang bagus, bukan tidak mungkin Anda menyajikan burger dengan cita rasa yang sempurna.

Selain tips di atas, Okezone juga berhasil merangkum 3 tips ampuh mengolah daging burger yang bisa Anda coba di rumah.

Pilih daging dengan kualitas baik

Upayakan agar lemak daging tidak lebih dari 30 persen dan tidak kurang dari 20 persen. Lemak yang terlalu banyak akan membuat burger menjadi basah, sedangkan lemak yang terlalu sedikit menjadikan burger terasa kering.

Burger (CBSLA)

Hindari sentuhan

Panas tubuh yang disalurkan melalui tangan ketika sedang meremas-remas daging, menjadikan lemak daging mencair. Hal ini akan membuat tekstur daging menjadi terlalu padat.

Perhatikan ketebalan daging

Idealnya, daging burger memiliki ketebalan antara 2-2 1/2 cm. Jika daging terlalu tebal akan diperlukan waktu pembakaran yang lebih lama.

Check Also

Rumah Makan Unik di Dunia, dari yang di Atas Pohon hingga Bawah Laut!

  PERKEMBANGAN industri kuliner berkembang pesat. Banyak bermunculan nama-nama restoran yang mengadopsi konsep yang unik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: