Newsticker
WOL / Ragam / SMAN 1 dan 4 Kisaran Keren!
WOL Photo/Eko Kurniawan
WOL Photo/Eko Kurniawan

SMAN 1 dan 4 Kisaran Keren!

KISARAN, WOL – Memasuki pekan ketiga, kegiatan STIK-P Goes To School berlanjut dengan singgah di SMA Negeri 1 dan 4 Kota Kisaran, Rabu (8/2).

Seperti roadshow yang berlangsung di sekolah-sekolah sebelumnya, kegiatan ini selalu mendatangkan pemateri yang berbagi ilmu dan pengalaman tentang Ilmu Komunikasi, khususnya di bidang ilmu jurnalisme, broadcasting, dan public relations (PR).

Sebagai pemateri, STIK-P atau Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan mengajak Sapriadi (Wartawan Harian Waspada Biro Kisaran) dan Austin Tumengkol sebagai Pemimpin Waspada Online sekaligus Puket I STIk-P.

Kepada siswa, Austin menerangkan bahwa Ilmu Komunikasi memiliki cakupan yang begitu luas, salah satunya jurnalistik yang banyak diminati lulusan SLTA di Sumut.

Anak-sekolah“Apalagi, saat ini jurnalis-jurnalis yang ada di media, 85 persen merupakan tamatan dari STIK-P baik di surat kabar, elektronik maupun online. Ini membuktikan bahwa STIK-P selalu melahirkan lulusan yang siap kerja,” kata Austin.

Selain itu, siswa juga diberi gambaran tentang peluang kerja setamatnya dari kampus yang didirikan tokoh pers nasional, Hj Ani Idrus. Disebutkan, praktisi PR dan broadcast masih banyak dicari perusahaan-perusahaan negeri maupun swasta.

Sapriadi memaparkan tentang foto jurnalistik. Selain teknik-teknik dasar, Sapriadi juga menerangkan bahwa seorang fotografer harus memiliki keberanian, kesabaran, kegigihan, profesionalisme, imajinasi tinggi plus sedikit keberuntungan.

“Apalagi fotografer harus menunggu atau mendapat moment untuk menghasilkan karya foto yang baik dan mampu berbicara hanya dengan melihatnya. Fotografi juga seni dan sarat nilai estetika,” ungkap jurnalis ganteng asal Batubara tersebut.

Kepala SMAN 4 Kisaran, Esmi Pohan MPd, mengingatkan kepada siswa bahwa semua orang butuh dan paham cara berkomunikasi.

“Kita sangat apresiasi kunjungan STIK-P Medan di sekolah kita, apalagi siswa diberikan pemahaman tentang ilmu komunikasi dan jurnalistik. Meski pernah kerja sama dengan PWI Asahan, materi STIK-P juga pasti menambah wawasan siswa,” ujar Kepala SMAN 1 Kisaran, Jumadi SPd. (wol/eko/data1)

Editor M AGUS UTAMA

Baca Juga

WOL Photo

Aspek Lingkungan Sangat Penting Dalam Pengembangan Mebidangro

MEDAN, WOL – Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Provinsi  Sumatera Utara (Provsu) Hidayati  berharap pembangunan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.