Home / Ragam / Gaya Hidup / Sering Anda Minum, 3 Minuman Ini Ternyata Sebabkan Bau Mulut!
Kopi bisa sebabkan bau mulut (Foto: Boldsky)

Sering Anda Minum, 3 Minuman Ini Ternyata Sebabkan Bau Mulut!

agregasi

 

BAU mulut meskipun sepele tapi bisa membuat seseorang dijauhi atau bahkan dikucilkan. Selain tidak nyaman saat bicara dalam jarak yang cukup dekat, bau mulut pun bisa membuat orang yang sensitif jadi mual ketika menghirup bau yang tidak sedap dari mulut lawan bicaranya.

Kendati demikian, orang yang memiliki nafas tidak segar alias bau kerapkali tidak menyadarinya. Padahal, penyebab bau mulut bisa diakibatkan dari minuman yang dikonsumsi sehari-hari, seperti yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber berikut ini.

1. Alkohol

Ketika Anda minum alkohol, partikel kecil masuk ke sistem pencernaan dan ke email gigi Anda. Setiap kali Anda menghembuskan napas, baunya kembali ke mulut Anda, menyebabkan Anda mengalami bau mulut. Bahkan, jika Anda bukan pecandu alkohol, satu malam yang berat minum, aroma alkohol dapat tertinggal di mulut Anda dan sebabkan napas berbau busuk keesokan harinya karena dehidrasi dan sistem pencernaan Anda telah terpengaruh.

alkohol

2. Kopi

Kafein dalam kopi dapat mengeringkan mulut Anda dengan memperlambat produksi air liur, yang dapat menyebabkan bau mulut. Kurangnya air liur menyebabkan bau mulut karena beberapa alasan. Salah satunya adalah air liur membantu membunuh bakteri yang ditemukan di mulut Anda, dan yang lain adalah bahwa air liur membantu Anda mencerna partikel makanan yang tersangkut di gigi dan area lain di mulut Anda.

Jika tidak ada cukup air liur di mulut Anda karena kafein, maka bakteri yang menyebabkan bau mulut akan tumbuh di luar kendali. Demikian pula, jika mulut Anda tidak menghasilkan cukup air liur untuk mencerna partikel makanan yang terperangkap di gigi Anda, bakteri akan mulai memecah partikel makanan tersebut, mengeluarkan bau busuk dalam prosesnya. Kopi lebih buruk dari biasanya dalam hal ini karena kandungan sulfurnya, yang mana bakteri penyebab bau mulut tertentu dapat rusak untuk menghasilkan bau.

Kopi

3. Minuman bersoda

Ada asam dalam soda dan minuman berkarbonasi lainnya. Tapi asam adalah pemain utama dalam menyebabkan bau mulut. Keasaman mengeringkan mulut Anda, memungkinkan bakteri dan makanan untuk berlama-lama, akhirnya menyebabkan bau mulut, kata Dr. Meinecke.

Lantas, apa yang harus diminum untuk melawan bau mulut?

Air yang mengandung H2O adalah pilihan minum yang terbaik bagi Anda dan menjaga kesegaran rongga mulut. Sass menyarankan untuk terbiasa minum segelas setelah makan.

“Ini dapat membantu membersihkan partikel makanan yang dapat berkontribusi pada bau mulut,” katanya.

Minuman Soda

Check Also

Atasi Sembelit dengan Makan 5 Buah Ini, Mudah Dicari Kok

  MASALAH pencernaan yang dapat menyerang kapan saja tentu membuat kita kesal. Terlebih, jika kita ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: