Home / Ragam / Gaya Hidup / Selain Digoreng, Ini 3 Teknik Memasak Ikan agar Rasanya Lebih Lezat
Hidangan ikan direbus (Foto: Foodbeast)

Selain Digoreng, Ini 3 Teknik Memasak Ikan agar Rasanya Lebih Lezat

agregasi
agregasi

 

BAGI sebagian orang, ikan adalah salah satu makanan paling lezat yang ada di muka bumi ini. Jika Anda salah satu dari mereka, mungkin inilah saatnya untuk mengetahui cara untuk memasak ikan, selain menggorengnya di atas wajan.

Dilansir Okezone dari Food Beast, Selasa (14/8/2018), berikut 3 teknik mengolah ikan yang bisa Anda coba di rumah.

Direbus

Sedang diet dan ingin mengurangi asupan kalori? teknik memasak inilah yang wajib Anda coba. Untuk merebus ikan, Anda membutuhkan beberapa cairan herbal dan asam seperti jeruk nipis atau lemon, dan beberapa tambahan sayuran segar (bawang, seledri, wortel). Langkah selanjutnya adalah merebus ikan di dalam air mendidih sambil menambahkan sedikit jus lemon, bawang putih, bawang merah, rempah-rempah, dan potongan sayuran. Kecilkan api ketika daging ikan sudah mulai berubah warna. Angkat, lalu sajikan.

Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, halibut, dan sturgeon.

ikan direbus

Dipanggang

Siapa sih tidak suka ikan panggang? Makanan ini memang cukup digemari karena menyuguhkan sensasi rasa unik yang bisa bikin siapa saja ketagihan. Selain itu, mengolah ikan melalui proses pembakaran merupakan cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selain mendapatkan daging yang memiliki tekstur lembut dan juicy, Anda juga dapat menikmati kulitnya yang gurih dan menggugah selera. Proses pengolahannya pun terbilang praktis.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memanaskan oven hingga memiliki suhu ideal. Biasanya disesuaikan dengan berat ikan yang hendak Anda olah. Sebagai contoh, 450 gram ikan segar membutuhkan waktu sekitar 20-3- menit. Semakin besar ukurannya, tentu semakin tinggi pula suhu panas yang Anda butuhkan.

ikan dipanggang

Selanjutnya, gosok ikan dengan minyak zaitun dan beri taburan garam, lada, di bagian dalam dan luarnya. Memanggang ikan secara utuh memberi Anda kesempatan untuk menambahkan sayuran segar beraroma sebagai isiannya. Jangan lupa tambahkan air perasan lemon sebelum menaruhnya di oven. Mudah bukan? Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan kakap merah, salmon, cod, sea bass, atau trout.

Check Also

Mencicipi Mi Ongklok, Mi Rebus Khas Wonosobo Bercita Rasa Unik

  BERKUNJUNG ke suatu daerah, selain wisatanya, ada hal lain yang wajib dicoba. Salah satunya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: