Home / Ragam / Sekolah Laskar Pelangi, Butuh Lebih Dari Sekadar Resensi
WOL Photo

Sekolah Laskar Pelangi, Butuh Lebih Dari Sekadar Resensi

BANGKABELITUNG, Waspada.co.id – Masih ingat dengan novel buah karya Andrea Hirata yang fenomenal?

Ya, novel yang berjudul ‘Laskar Pelangi’ tersebut sempat diangkat ke sebuah karya film  layar lebar. Tak tanggung-tanggung, Sekolah Muhammadiyah yang menjadi wadah Lintang menimba ilmu serta objek dari cerita ini pun kembali diwujudkan sang sutradara demi pencapaian cerita terlihat lebih nyata.

WOL Photo
WOL Photo

Menurut Evi, seorang pemandu rombongan wartawan se-Sumatera di lokasi seputar lokasi shooting Laskar Pelangi, pada masa itu pendidikan sangat sulit. Pendidikan hanya diperuntukkan bagi anak-anak karyawan PT Timah Indonesia.

“Hanya anak dari karyawan PT Timah Indonesia saja yang dapat bersekolah di sekolah elit. Sementara bagi anak kaum biasa, bersekolah di sekolah swasta seperti SD Swasta Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi ini,” ungkapnya, Senin (7/5).

WOL Photo
WOL Photo

“Dengan sedikit perjuangan, anak-anak yang orang tua mereka tidak bekerja di PT Timah mempertahankan sekolah ini berdiri dan mengukir prestasi,” tambahnya.

Evi menambahkan, kawasan Kabupaten Belitung Timur dahulu merupakan satu-satunya pemghasil Timah di Indonesia yang cukup terkenal di manca negara. Akan tetapi akibat eksplorasi besar-besaran yang tidak terkendali, membuat kawasan tersebut menjadi rusak parah.

“Kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan baru, tidak boleh lagi ada aktivitas penambangan Timah di lokasi tersebut. Karena lahan bekas tambang tidak dapat dikelola kembali oleh masyarakat. Sekarang, Bupati Belitumg Timur sedang mengubah wajah tambang menjadi kompleks kantor pemerintahan,” pungkasnya seraya berharap dalam beberapa rahun ke depan kawasan yang gersang menjadi hijau kembali. (wol/mrz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Del Toro Kembali Garap Serial Ketiga Hellboy

WOL – Buat Anda penggemar film Hellboy ada kabar bagus, karena Ron Perlman, aktor pemeran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: