_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Sebelum Beli Buah di Supermarket, Coba Perhatikan 5 Hal Ini!
Buah-buahan (Foto: Ist)

Sebelum Beli Buah di Supermarket, Coba Perhatikan 5 Hal Ini!

agregasi
agregasi

 

DIKONSUMSI langsung jadi buah potong, diolah jadi salad buah, atau dibuat jadi minuman jus ataupun jadi semangkuk smoothie, buah-buahan memang bisa jadi camilan sehat andalan.

Apalagi mendapatkan buah-buahan yang diinginkan tidaklah sulit untuk dilakukan, sebab supermarket mana sih yang tidak menyediakan buah-buahan?

Tapi, soal buah-buahan yang dibeli di toko ataupun supermarket ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai karena kurang paham, Anda malah melakukan sederet kesalahan menyangkut buah-buahan ini. Agar terhindar dari kesalahan tersebut, berikut 5 kesalahan yang harus dihindari terkait buah-buahan yang dibeli di supermarket, sebagaimana melansir Thekitchn, Rabu (27/6/2018).

Selalu pilih buah mentah

Anda berpikir lebih baik beli buah mentah, yang mana lalu akan matang sendiri saat disimpan di dapur rumah dan siap saat hendak dimakan? Tetapi kenyataannya adalah, tidak semua buah akan matang setelah dipetik. Buah-buahan yang menghasilkan gas alam yang disebut ethylene seperti pisang dan peach memang akan matang, tetapi buah-buahan yang tidak contohnya seperti stroberi dan nanas, tidak akan matang. Jadi memang sebaiknya, belilah buah matang yang memang sudah siap untuk dimakan.

Tidak mau beli buah dengan bentuk jelek 

Tampilan buah dengan visual yang jelek alias tidak menarik, tidak melulu artinya buah itu adalah buah yang tidak bagus untuk dimakan loh. Jika dalam buah itu, hanya ada beberapa spot yang tidak sempurna, tidak apa-apa. Jangan takut beli buah yang tidak terlalu mulus.

Meletakkan aneka buah dalam satu wadah mangkuk yang sama

Menumpuk berbagai buah yang berbeda di dalam wadah mangkuk di meja, secara visual mungkin tampak eye-catching. Tetapi disebutkan, menumpuk semua buah bersama-sama sebenarnya bukan ide terbaik. Buah-buahan yang menghasilkan gas etilena dapat menyebabkan buah-buahan lain menjadi matang dan cepat rusak. Sayang kan jadinya?

Mencuci buah sebelum disimpan 

Sebagian orang mungkin berpikir untuk mencuci buah sebelum menyimpannya sebagai suatu metode penyimpanan yang cerdas, tetapi sayangnya cara ini malah sebenarnya dapat menyebabkan buah lebih cepat rusak. Kelembaban berlebih pada buah yang dicuci dapat mendorong pertumbuhan dan pembusukan bakteri, hal ini berlaku pada buah-buahan beri yang halus. Cukup cuci di saat kita hendak menikmati buah tersebut.

Berpikir bahwa bagian buah tidak perlu dicuci semuanya 

Tidak makan kulit buahnya, lalu buat apa perlu-perlu buah itu dicuci, misalnya semangka. Hal ini keliru loh, sebab walaupun yang dikupas atau dipotong adalah bagian yang jauh dari bagian luar buah, tetap saja kita harus mencuci semuanya. Ketika pisau memotong bagian luar, itu bisa menyeret bakteri yang ada di kulit ke dalam bagian daging buah, sehingga daging buah jadi kotor. Jadi, biasakan untuk cuci semua bagian buah sebelum memotongnya, terlepas dari apakah kita akan menyantap kulit luar atau tidak.

Check Also

Sarapan Buah Itu Katanya Sehat, Mitos Atau Sungguhan?

  MENU sarapan pagi menentukan energi sepanjang hari. Salah pilih makanan pagi bisa membuat badan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.