Home / Ragam / Kesehatan / Sayuran dan Buah Ini Tak Boleh Dibuat Jus, Mengapa?
foto: Istimewa

Sayuran dan Buah Ini Tak Boleh Dibuat Jus, Mengapa?

JAKARTA, Waspada.co.id – Jus sayuran menjadi salah satu alternatif untuk hidup sehat. Namun ternyata, ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dibuat minuman jus. Ada sayuran yang justru beracun bila diolah sebagai jus.

Berdasarkan pemberitaan Times of India, seorang perempuan dikabarkan sekarat setelah mengonsumsi jus labu siam. Pihak keluarga perempuan tersebut mengatakan, kondisinya menurun setelah mengonsumsi segelas jus labu di pagi hari pada 12 Juni lalu.

Kondisinya kian memburuk tiga hari setelahnya. Ia pun menyerah hingga akhirnya meninggal dunia satu hari setelahnya. Dari kasus segelas jus labu botol tersebut, sebaiknya periksa kadar racun sebelum dikonsumsi. Caranya, potong sedikit labu kemudian rasakan. Apabila terasa pahit maka labu mengandung racun.

Rasa pahit tersebut ada akibat dari senyawa cytotoxic. Senyawa racun tidak hanya terdapat pada labu botol saja tetapi juga beberapa jenis sayuran lain, seperti mentimun, labu manis, terong, labu kuning, dan melon. Tanda-tanda keracunan bahan makanan tersebut antara lain, muntah-muntah, sakit perut hebat, dan penurunan tekanan darah secara drastis. Gejalanya akan terasa 30 menit setelah konsumsi.

Selain jenis sayuran di atas, wortel, kubis, bayam, dan brokoli juga bisa mengeluarkan racun. Seperti wortel, apabila mengonsumsinya secara berlebihan maka bisa berdampak racun bagi tubuh. Apabila keracunan wortel, maka tubuh akan menimbulkan dampak gula darah semakin tinggi, kulit menjadi oranye, dan mengganggu pengobatan yang sedang dijalani tubuh.

Kubis juga berbahaya apabila dibuat jus. Kandungan racun di dalamnya bisa berakibat buruk terhadap ginjal. Kubis dan bayam juga bisa meningkatkan kadar tiroid di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan kubis dan bayam mengandung glucosinolates yang cukup tinggi. Kemudian brokoli juga berhaya dan berakibat fatal bagi organ hati. (republika/ags/devi)

Check Also

Roti Panggang Mayones Pedas dengan Omelet Sayuran Sedap Cocok untuk Sarapan

  SARAPAN pagi enaknya bikin roti panggang yang tak butuh waktu banyak. Jika bosan dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: