Home / Ragam / Remaja / WCF Peduli Terhadap Perlindungan Anak
Waspada

WCF Peduli Terhadap Perlindungan Anak

MEDAN, WOL – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap anak, khususnya terkait perlindungan atas kekerasan yang kerap terjadi saat ini. Salah satunya menggelar seminar ‘Perlindungan Hukum Terhadap Hak Anak Dalam Era Globalisasi’ yang dilakukan komunitas We Care Foundation (WCF) di SMPN 1 Medan, beberapa waktu lalu.

Ketua WCF, Fauzi Ansari Sibarani, mengaku kegiatan tersebut digelar untuk memberitahukan kepada pelajar dan mahasiswa bila kekerasan yang terjadi terhadap anak itu dilarang dan ada sanksi sebagai ganjaranya.

“Apalagi kan kita ketahui bersama di berbagai media cetak dan elektronik jika setiap hari pemberitaan tentang kekerasan terhadap anak selalu terjadi. Artinya, masih banyak orang yang sengaja atau tidak peduli dengan hukum yang berlaku di negara ini,” tegasnya.

Dikatakan, dengan seminar ini tentunya akan memberikan wawasan bagi pelajar dan mahasiswa sekaligus dapat membantu. “Maksudnya, ketika di lingkungan mereka ada kekerasan terhadap anak, mereka dapat melapor ke pihak berwajib atau dinas terkait,” katanya.

Lebih lanjut, dikatakan komunitas ini memang dibentuk para mahasiswa yang peduli dengan masalah-masalah yang terjadi di dalam kehidupan sekitar, di antaranya kekerasan terhadap anak.

Alhamdulillah respon terbentuknya komunitas ini positif, apalagi sebagai mahasiswa kami harus peka terhadap permasalahan yang terjadi,” katanya.

Dijelaskan, dalam seminar ini panitia mendatangkan dua narasumber, yakni Muslim Harahap SH MH (KPAI Sumut) dan Nur Sariani Simatupang SH MHum. Untuk peserta mencapai 110 peserta yang datang dari berbagai sekolah dan kampus se Kota Medan.

Ryan Pratama, salah satu peserta, mengaku banyak ilmu yang dapat digali dari seminar ini. “Sebelumnya saya ‘buta’ tentang permasalahan terkait kekerasan terhadap anak. Sekarang alhamdulillah ada beberapa poin penting yang dapat saya ambil, seperti tindakan seperti apa yang harus dilakukan ketika menghadapi permasalahan seperti ini,” ujarnya. (wol/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Saatnya Fokus Jadi Mahasiswa

MEDAN, WOL – Untuk kebanyakan orang yang telah menamatkan diri dari bangku SLTA, sudah pasti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: