Home / Ragam / Gaya Hidup / Rayakan Ulang Tahun Jakarta, Bikin Kerak Telor Betawi Sendiri di Rumah Yuk!
Kerak telor (Foto: Istyle)

Rayakan Ulang Tahun Jakarta, Bikin Kerak Telor Betawi Sendiri di Rumah Yuk!

agregasi
agregasi

 

IBUKOTA Jakarta sedang bersorak gembira, apalagi kalau bukan karena sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-491.

Bicara soal hari ulang tahun (HUT) Jakarta, salah satu yang kental dengan nuansa perayaan ulang tahun Jakarta adalah aneka makanan khas nya, yakni kerak telor. Memang rasanya tak lengkap merayakan ulang tahun Jakarta tanpa menyantap hidangan kerak telor.

Kerak telor sendiri, diketahui sebagai makanan khas Betawi yang menggunakan telur bebek sebagai bahan utamanya dan dibuat dengan menggunakan campuran dari bahan lain, mulai dari beras ketan putih, ebi, hingga bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan kelapa sangrai.

Seperti yang telah disinggung di atas, kerak telor khas Betawi ini biasanya menggunakan telur yang lebih spesial, bukan telur ayam melainkan telur bebek. Di mana telur bebek sendiri, sebagaimana dikutip Berrykitchen, memiliki sederet manfaat.

Telur bebek diketahui memiliki kandungan vitamin A yang punya manfaat untuk menjaga kesehatan mata, belum lagi dengan kandungan vitamin 472 IU yang disarankan sebagai asupan tubuh sehari-hari. Selain untuk mata, kandungan vitamin A juga memiliki peran dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh, sekaligus meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Tidak hanya vitamin A, telur bebek juga disebutkan mengandung vitamin E yang mana vitamin ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Di setiap satu butir telur bebek, mengandung 0,9 miligram vitamin E. Di mana kandungan ini adalah tiga persen dari kebutuhan vitamin E dalam tubuh.

Nah, jika Anda tidak sabar lagi untuk menyantap kerak telor, tidak perlu harus menunggu momen ulang tahun Jakarta satu tahun sekali. Asal mengetahui resepnya, kerak telor Betawi ini bisa kok dibuat sendiri di rumah. Seperti apa proses cara membuatnya? Berikut uraian resepnya, sebagaimana disitat Resepmembuat.

Kerak telor Betawi

Bahan-bahan;

100 gram beras ketan putih;

250 ml air;

100 gram kelapa parut, sangrai untuk bahan taburan;

15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan;

5 butir telur bebek;

30 gram bawang merah, goreng kering;

1 sendok makan minyak goreng, untuk menumis bumbu halus;

Bawang merah goreng khusus untuk taburan;

Bumbu yang dihaluskan;

4 buah cabai merah keriting;

1/2 sendok teh merica butiran;

3 cm kencur;

1 cm jahe;

Cara pembuatan;

1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan;

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum;

3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering;

4. Ambil satu wadah, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk;

5. Siram campuran kocokan tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira sesuai selera;

6. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas api, biarkan sampai benar-benar matang;

7. Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan hangat-hangat.

Check Also

Turnamen Mobile Legend Amatir Nasional Berhadiah 185 juta

JAKARTA, Waspada.co.id – Melihat semakin berkembangnya dunia eSports di Indonesia, PT.Smartfren Telecom, Tbk, sebagai perusahaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: