Home / Ragam / Kesehatan / Rajin Makan Bayam Bisa Bikin Cantik, Hambat Penuaan Sampai Kulit Lebih Bersinar
Istimewa

Rajin Makan Bayam Bisa Bikin Cantik, Hambat Penuaan Sampai Kulit Lebih Bersinar

agregasi

 

SAYURAN hijau seperti bayam terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya memang bisa membantu menjaga kesehatan. Termasuk kesehatan kulit.

Bayam telah sejak lama menjadi sayuran yang banyak dikonsumsi. Entah itu dimasak, dimakan mentah dalam salad, atau dibuat jus. Tahukah Anda bila bayam mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk sel-sel kulit yang sehat dan melawan proses penuaan kulit?

Melansir Live Strong, Senin (25/6/2018), inilah manfaat bayam untuk kecantikan:

Menghambat penuaan

Kulit secara alami kehilangan elastisitas dan menipis saat usia bertambah. Radikal bebas yang terdapat dalam polusi udara dapat menghancurkan sel-sel sehat kulit dan mempercepat proses penuaan. Beruntung vitamin A yang terkandung dalam bayam memiliki sifat antioksidan yang berfungsi membuat sel-sel kulit tetap sehat dan memperbaiki luka. Secangkir bayam mengandung 943 mikrogram vitamin A yang memenuhi kebutuhan harian pada orang dewasa.

Memperbaiki kulit

Vitamin C adalah antioksidan lain dalam bayam yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit dan menjaga kulit terlihat cantik. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat kolagen yaitu protein yang digunakan untuk memproduksi sel kulit baru. Tanpa vitamin C yang cukup, kulit akan menjadi kering dan bersisik. Secangkir bayam mengandung 18 miligram vitamin C.

Bayam

Membuat kulit bersinar

Bayam adalah sumber zat besi yang sangat baik. Nutrisi tersebut merupakan bagian penting dari hemoglobin untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, kulit tampak pucat. Sebaliknya, kulit yang mendapatkan oksigen cukup akan tampak bersinar. Secangkir bayam mengandung 6 gram zat besi.

Menghilangkan lingkaran hitam

Lingkaran hitam di bawah mata wajar terjadi bila seseorang kurang tidur, memiliki gen tertentu, dan mengalami penuaan. Lingkaran hitam dapat dihilangkan dengan vitamin K. Nutrisi ini diperlukan untuk pembekuan darah dan memperkuat dinding pembuluh darah. Selain itu, vitamin K juga menjaga kulit bersih, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Secangkir bayam mengandung hampir 900 mikrogram vitamin K.

Hidrasi

Secangkir bayam mengandung 164 gram air. Kandungan air dapat menjaga kulit tetap sehat. Tanpa air yang cukup, kulit akan menjadi kering, mudah terkelupas, dan berkerut.

Check Also

10 Penyebab Lidah Berwarna Kuning, Tak Selalu Berbahaya Tapi Harus Waspada

  BANYAK cara untuk mengidentifikasi kesehatan seseorang. Salah satunya melihat kondisi anggota tubuh tertentu seperti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: