Home / Fokus Redaksi / PPMB STIK-P Memang Gudangnya Ilmu
WOL Photo

PPMB STIK-P Memang Gudangnya Ilmu

MEDAN, WOL – Sama seperti di perguruan tinggi pada umumnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan pun menggelar masa orientasi atau tepatnya Pembekalan Pendidikan Mahasiswa Baru (PPMB) TA 2015-2016 bagi mahasiswa baru.

Selama seminggu mulai Senin (31/8) lalu, Ketua STIK-P, Hj Ida Tumengkol BComm MHum, menyambut mahasiswa baru di kampus orange tersebut. Kampus yang didirikan tokoh pers nasional, Hj Ani Idrus (almh), ini mengasuh ilmu komunikasi yang terbagi tiga konsentrasi, yakni ilmu jurnalisme, public relations (PR), dan broadcasting.

Dengan dedikasi yang tinggi, almarhumah mewujudkan kontribusinya bagi perkembangan ilmu komunikasi di lingkungan pendidikan tinggi dengan mendirikan STIK-P pada 18 Mei 1987 silam.

“Kini, lulusan STIK-P telah menyebar ke berbagai pelosok nusantara dengan berbagai profesi di bidang ilmu komunikasi tersebut. Di bidang jurnalisme, alumni STIK-P telah berkiprah sebagai jurnalis profesional di berbagai media lokal dan nasional, baik cetak maupun elektronik. Ini merupakan bukti bila STIK-P telah menghasilkan sarjana-sarjana andal dengan memiliki kualifikasi di bidang ilmu komunikasi,” sebutnya, Jumat (4/9).

Lebih lanjut, proses pendidikan di STIK-P, selain memberikan dan mendiskusikan materi ilmu komunikasi, juga melakukan aplikasi materi tersebut dengan berbagi praktik. Untuk itu, kampus yang terletak di Jl SM Raja ini didukung berbagai sarana, seperti laboratorium bahasa, fotografi, komputer, radio, broadcasting serta perpustakaan lengkap.

Tahun ini, STIK-P turut mendatangkan praktisi PR dan ilmu jurnalisme sebagai pembicara. Dari praktisi PR, STIK-P mengundang Harry Tumengkol (pendiri Image Dynamics Communication Consultant Jakarta) dan David Swayana (Redaktur Kota Harian Waspada). Selain itu ada perwakilan Basarnas.

Nah, PPMB sebenarnya sama seperti kegiatan orientasi pengenalan kampus yang digelar perguruan tinggi lainnya. Hanya saja, PPMB STIK-P tidak seperti ospek lain yang identik aksi perploncoan senior kepada juniornya.

Di sini, mahasiswa baru memang wajib mengikuti aturan main para senior. Bagi mereka yang melakukan kesalahan tetap terkena hukuman, hanya saja mengandung nuansa edukatif dan games. Atas arahan Ketua STIK-P dan Pembantu Ketua I Austin Antariksa T SSos MIKom dengan mengacu peraturan Dikti, BEM STIK-P menerapkan pola yang lebih mendidik dan membentuk karakter mahasiswa baru.

Salah satu bentuk edukasi tersebut di mana mahasiswa diajak berkunjung ke Metro TV Biro Sumut. Di Metro TV, mahasiswa dikenalkan dengan dunia jurnalisme televisi termasuk cara memproduksi berita atau laporan secara live. Kabiro Metro TV Sumut, Risty Ayu, pun mengapresiasi kunjungan calon mahasiswa STIK-P.

Sebagai puncak PPMB, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan outbound di Bumi Perkemahan Sibolangit, Sabtu (5/9) ini. Selanjutnya, rombongan kembali ke kampus untuk upacara penutupan sebelum kumpul bersama di malam inaugurasi.(wol/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Antisipasi Hoax Mulai Dari Diri Sendiri

MEDAN, Waspada.co.id – Berita bohong atau dikenal dengan hoax saat ini menjadi perbincangan hangat di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: