Home / Ragam / Kesehatan / Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan
Ilustrasi

Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

WOL
1. Terlentang, Kedua Lengan Berada di Samping

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan yang pertama adalah tidur terlentang (punggung menghadap ke bawah/ke kasur) dengan posisi lengan di sisi/samping tubuh Anda. Dianggap sebagai posisi tidur yang baik untuk kesehatan tulang belakang dan untuk leher.

Namun, hindari menggunakan terlalu banyak bantal selama Anda tidur. Hal ini bertujuan untuk menghindari leher terlalu menekuk dan mendengkur. posisi tidur soldier – baik untuk kesehatan Namun posisi ini kurang dianjurkan bagi mereka yang berbadan gemuk atau obesitas, karena berpotensi menyebabkan sleep apnea.

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang tidak bisa dianggap remeh di mana pernapasan sering kali berhenti selama tidur berlangsung. Akibatnya, otak tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur pun menjadi buruk, yang berakibat pada kondisi kelelahan ketika bangun di keesokan harinya.

2. Terlentang, Lengan ke Atas
Posisi yang lebih dikenal dengan sebutan “starfish” ini juga sangat direkomendasikan dan bagus untuk punggung. Tidur telentang juga membantu mencegah timbulnya kerutan dan jerawat di wajah.

Namun, seperti posisi tidur nomor 1, tidur dengan posisi  ini juga bisa mengakibatkan mendengkur dan permasalahan lain seperti acid reflux (naiknya asam lambung). Ditambah lagi mengangkat lengan ke atas bisa memberi tekanan pada saraf di bahu Anda, yang bisa menyebabkan rasa sakit.

Posisi tidur starfish – baik untuk kesehatan Acid reflux sendiri adalah penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan sebutan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yaitu kondisi dimana nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada dikarenakan naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

3. Tidur Tengkurap (Menghadap ke Bawah)
Tidur menghadap ke bawah atau tengkurap memang bisa memperbaiki pencernaan, tapi Anda juga harus memiliki cara tersendiri untuk bernapas dengan baik melalui bantal. Caranya bisa dengan memiringkan wajah ke satu arah atau lainnya untuk mendapatkan posisi bernapas yang lebih melegakan paru-paru.

Tidur dalam posisi ini juga bisa membuat banyak ketegangan pada leher dan menyebabkan sakit pada punggung, karena lekukan pada tulang belakang tidak mendapatkan dukungan yang cukup. Posisi tidur tengkurap (freefall) – kurang baik bagi kesehatan ( ! ) Tengkurap merupakan posisi tidur yang paling tidak sehat diantara posisi lainnya.

4. Tidur Dalam Posisi Seperti Janin
Tidur dengan posisi meringkuk menjadi seperti bola dan tubuh Anda membungkuk serta lutut ditekuk merupakan salah satu posisi tidur yang bisa dibilang paling populer, terutama miring ke kiri. Posisi tidur ini sangat cocok bagi ibu hamil. Tidur dalam posisi ini akan meningkatkan sirkulasi darah ibu dan janin, juga dapat mencegah rahim menekan hati, yang ada di sisi kanan tubuh.

Ini juga menjadi posisi tidur yang sehat bagi mereka yang sering mendengkur. Akan tetapi tidur dalam posisi janin seperti ini apabila dilakukan terlalu rapat bisa menekan pernapasan. Akibatnya bisa membuat Anda merasa agak sakit di pagi hari, terutama bagi mereka yang menderita arthritis di persendian atau punggung.

5. Tidur Miring, Tangan Berada di Samping Tubuh 
Tidur dalam Posisi ini juga mencegah naiknya asam lambung, dan karena tulang belakang terbentang lurus, maka akan menghindari keluhan sakit punggung dan leher. Plus, Anda cenderung tidak akan mendengkur dalam posisi tidur miring seperti ini, karena saluran nafas lebih terbuka. Oleh karena itu, ini juga bisa dijadikan pilihan terbaik bagi mereka yang menderita gangguan tidur seperti sleep apnea.

Lima belas persen orang dewasa memilih untuk tidur miring seperti ini, tapi ada satu kelemahan: Ini bisa menyebabkan keriput atau jerawatan, karena separuh wajah Anda menekan bantal. Hal ini bisa diatasi dengan rajin membersihkan sarung bantal dan menggunakan bantal yang tidak terlalu rendah.

6. Tidur Miring, Lengan Keluar
Salah satu posisi tidur yang baik untuk kesehatan lainnya adalah dalam posisi miring tapi posisi lengan keluar, tidak berada disamping tubuh. Namun, tidur dalam posisi ini ada juga kekurangannya yaitu dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan lengan karena terhambatnya aliran darah dan tekanan pada saraf. Hal ini akan bertambah parah ketika tangan diletakkan jauh ke depan.

7. Miring Ke Kanan
Jika Anda adalah tipe orang yang suka tidur miring, maka memilih untuk miring ke kanan atau ke kiri memiliki efek yang berbeda. Tidur miring ke kanan misalnya bisa membuat perut mulas akibat lambung menjadi memburuk bagi yang memiliki penyakit asam lambung atau GERD. Sedangkan tidur miring ke kiri dapat menekan organ dalam seperti hati, paru-paru, dan lambung (meskipun meminimalisir acid reflux).

Bagi wanita yang sedang hamil dokter biasanya menyarankan untuk tidur miring ke kiri, karena ini bisa memperbaiki sirkulasi darah ke janin. Khusus untuk ibu hamil pemilihan posisi tidur yang baik untuk kesehatan sangatlah penting. Karena bukan hanya demi kesehatan sang ibu tapi juga untuk keselamatan bayi. (mediskus/git)

Check Also

Setelah Makan Malam, Sebaiknya Jangan Konsumsi 7 Minuman Ini

Waspada.co.id – Di malam hari, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Minum air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: