Home / Ragam / Gaya Hidup / Perubahan Gaya Hidup Perlu Dilakukan di Usia 30-an
Ilustrasi

Perubahan Gaya Hidup Perlu Dilakukan di Usia 30-an

Waspada.co.id – Pada usia 20 tahun, di usia itu kamu pasti telah merencanakan bagaimana cara agar dapat sukses di sebelum usia 30-an atau pada usia itu kamu mungkin lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan yang bagus, dan mencari tahu bagaimana menjadi orang dewasa yang sebenarnya. Kemudian ketika kamu mencapai usia 30, kamu akan berpikir untuk menciptakan anggaran , berinvestasi di masa depan dan bagaimana cara untuk hidup sehat.

1. Berhenti merokok
Jika kamu sudah mulai merokok, segeralah hentikan. Mengapa?
Karena menurut riset bahwa mereka yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun memiliki risiko kematian 90% lebih rendah daripada mereka yang melanjutkan.

2. Berolahraga secara teratur
Ketika kamu berusia 30 tahun, olahraga akan menjadi sangat penting untuk kesehatanmu. Dengan berolahraga secara teratur akan membuat kamu tetap sehat saat kamu bertambah tua, mengurangi risiko dari penyakit jantung dan diabetes hingga kanker dan stroke.

Kalau kamu masih bingung olahraga apa yang mau kamu lakukan, coba saja seperti berjalan, bersepeda, berlari dan berenang yang penting melibatkan beberapa gerakan. Tetapi ingatlah untuk memilih aktivitas fisik yang benar-benar kamu sukai, karena kamu akan cenderung tidak akan melanjutkan latihan jika kamu tidak menyukai latihanmu.

3. Lebih baik membeli bukannya menyewa
Ketika kamu menyewa semua uang yang kamu habiskan bulan ke bulan tidak melakukan apapun untuk membantu masa depan. Di sisi lain, jika kamu membeli berarti akan menjadi milikmu setelah membayar semuanya. Dan kamu bisa menyimpannya atau menjualnya suatu hari nanti. Jadi kamu akan mendapatkan uang lebih banyak ketimbang kamu terus-terusan menyewa.

4. Mulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
Sebuah riset mengatakan bahwa mereka menyarankan agar waktu tidur dan bangun lebih baik nya sama setiap hari. Jika kamu kesiangan bahkan selama beberapa hari, para ahli mengatakan kamu akan berisiko mengatur ulang jam tubuhmu ke siklus yang berbeda, sehingga kamu akan mulai lelah di kemudian hari.

5. Mulailah membuat jurnal
Kegunaan jurnal ini sangat banyak pada saat usiamu telah memasuki 30 tahun. Kamu pasti akan melupakan lebih banyak kenangan berhargamu, agar kamu ingat semua kenangan berhargamu itu mulailah membuat sebuah jurnal. Semua catatan yang kamu tulis itu akan menghibur dan menimbulkan perasaan cinta di masa depanmu.

6. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain
Berhenti dari sekarang juga membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena semua orang pasti mempunyai perbedaan masing-masing. Dan pada saat kamu mencapai usia 30-an yang perlu kamu lakukan ialah membuat dirimu bahagia tanpa membandingkan dirimu dengan orang lain.

7. Mulailah memaafkan diri sendiri atas kesalahanmu
Mungkin saja kamu telah membuat banyak kesalahan di usia remaja atau pada usia 20-an. Semua orang membuat kesalahan. Di usia 30 adalah waktu yang tepat untuk mencerminkan dan memaafkan diri sendiri atas kesalahan tersebut.

Belajar dari kesalahan, dan biarkan semua itu pergi dan lanjutkan. Jangan memikirkan kesalahan di masa lalu. Milikilah kemampuan untuk memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahanmu dan itu akan membuatmu sebagai pendorong utama kesuksesan.

8. Mulai menabung separuh dari uang gaji
Menabung uang untuk perjalanan di masa depan atau keperluan lainnya adalah hal yang penting, jadi pastikan kamu juga menyisihkan dana untuk keadaan darurat. Hidup itu tidak terduga dan kamu tidak pernah tahu kapan sesuatu bisa terjadi padamu atau sesorang yang kamu cintai. Untuk memastikan kamu tidak perlu lagi khawatir pada saat dibutuhkan, sisihkan separung dari uang gaji setiap bulan agar selalu tersedia, untuk berjaga-jaga.

9. Nikmati hidupmu lebih banyak
Jangan pernah berhenti menikmati hidupmu. Tetap mengontrol dan mengejar apa yang membuatmu bahagia. Seperti liburan, nikmati malam dengan teman-teman atau keluargamu dan jalani hidupmu sepenuhnya. Dengan kebiasaan ini akan menjaga semangat dan kegembiraanmu tetap hidup dalam pikiranmu. (idntimes/dina/data1)

Check Also

Selamat Hari Ibu! Ini Tampilan 6 Mamah Muda yang Bikin Pangling

SELAMAT Hari Ibu! bagi para seluruh wanita di dunia. Memang menjadi seorang ibu adalah pekerjaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: