Breaking News
_
Home / Ragam / Kesehatan / Percaya Tidak Melihat Pria Tampan Bisa Membantu kesehatan Otak?

Percaya Tidak Melihat Pria Tampan Bisa Membantu kesehatan Otak?

Waspada.co.id – Melihat wajah pria tampan dan wanita cantik ternyata bermanfaat untuk menstimulus dan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan melihat wajah nan tampan dan cantik dapat membuat orang lebih termotivasi untuk bekerja keras dan lebih baik dalam ingatan.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Evolutionary Psychology melakukan dua eksperimen untuk mengetahui pengaruh melihat wajah pria tampan dan wanita cantik terhadap otak.

Pertama, peneliti dari East Carolina University ini meneliti 58 mahasiswa. Setengah dari partisipan itu diminta untuk melihat wajah lawan jenis selama tujuh detik. Setengah lainnya diminta untuk melihat wajah lawan jenis yang tampan dan cantik.

Peserta lalu diberikan sebuah cerita dan kemampuan mereka lalu diuji dengan tes mengingat sebagai acuan mengukur fungsi otak. Hasilnya, peserta yang menatap wajah yang menarik dapat mengingat lebih banyak dan lebih detail dibandingkan dengan peserta yang menatap wajah yang biasa saja.

Secara khusus, penelitian ini mendapati pria jauh lebih terpengaruh oleh wajah cantik jika dibandingkan dengan wanita. Para pria cenderung mengingat lebih detail.

Dalam eksperimen kedua, peneliti menganalisis 123 mahasiswa. Metode penelitian kurang lebih sama dengan sebelumnya, hanya saja pada kali ini peneliti mengubah urutan penelitian.

Kelompok pertama dimulai dengan melihat wajah yang menarik, mendengar cerita, melihat wajah rata-rata, dan mengikuti tes memori. Kelompok kedua memulai dengan melihat wajah rata-rata, mendengar cerita, melihat wajah yang menarik, dan mengikuti tes memori. Dan kelompok ketiga, hanya melihat wajah rata-rata sebelum dan sesudah mendengar cerita, lalu mengikuti tes ingatan.

Hasilnya, peneliti menemukan wajah pria tampan dan wanita cantik dapat memicu kemampuan seseorang menjadi lebih tajam untuk mengesankan pasangannya.

“Memori adalah proses kognitif dasar yang terkait dengan keterampilan bertahan hidup yang penting,” kata peneliti dikutip dari Medical Daily.

Di sisi lain, melihat wajah orang yang berpenampilan rata-rata tidak memicu seseorang untuk bekerja lebih keras. Penelitian mengklaim melihat wajah pria tampan atau wanita cantik ternyata lebih bermanfaat untuk kesehatan otak. (cnnindonesia/data1)

Check Also

Tak Hanya soal Penyajian, Ini yang Dicari saat Mencicipi Kopi

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan semakin meningkatnya minat anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.